Bantuan Kuota Data Internet, Siapa yang Dapat?

Bantuan Kuota Data Internet, Siapa yang Dapat? - inilah.com
Foto: Istimewa

Pertanyaan: Bagaimana cara dapat bantuan Uang kuliah Tunggal (UKT) dan bantuan kuota data internet dari kemendikbud?

Jawaban

Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, dana bantuan UKT cair pada bulan September 2021 mendatang. Ada sejumlah ketentuan terkait besaran bantuan UKT dan penerimanya.  

Syarat dan cara dapat bantuan UKT

Kemendikbud Ristek akan memberikan bantuan UKT sesuai dengan besaran UKT (at cost), dengan batas maksimal Rp2,4 juta. Jika UKT lebih besar dari Rp2,4 juta, maka selisihnya akan menjadi kebijakan perguruan tinggi sesuai dengan kondisi mahasiswa.

Kemendikbud Ristek juga sudah menentukan kriteria atau syarat mahasiswa yang bisa mendapat bantuan UKT. Berikut ini syarat mahasiswa penerima bantuan UKT:

  • Mahasiswa aktif kuliah
  • Bukan penerima KIP Kuliah atau Bidikmisi
  • Kondisi keuangan memerlukan bantuan UKT pada semester ganjil tahun 2021. 
  • Mengisi Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dan unggah pada vervalponsel.data.kemdikbud.go.id
Baca juga  Google: Pemerintah Indonesia Paling Banyak Minta Hapus Konten

Untuk batas akhir unggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) oleh sekolah untuk Bantuan Kuota Data Internet sendiri telah diperpanjang sampai dengan 7 September 2021.

Lantas, bagaimana cara dapat bantuan UKT? 

  • Mahasiswa harus mendaftarkan diri ke pimpinan perguruan tinggi
  • Pimpinan perguruan tinggi akan mengajukan penerima bantuan UKT ke Kemendikbud Ristek

Jika mahasiswa dinyatakan berhak mendapatkan bantuan UKT, maka nantinya bantuan UKT akan disalurkan Kemendikbud Ristek langsung ke perguruan tinggi masing-masing. 

Bantuan kuota internet Kemendikbud

Tidak hanya bantuan UKT, Kemendikbud juga mengumumkan bahwa pemberian bantuan kuota data internet akan dilanjutkan. Bahkan bantuan kuota internet Kemendikbud ini juga diperuntukkan bagi mahasiswa.

Baca juga  Makan di Resto Lebih Lama, Bagaimana Peluang Penularan Covid-19?

Bantuan kuota internet ini diperuntukkan bagi siswa, mahasiswa, dan tenaga pendidik pada September 2021 sampai November 2021. Bantuan kuota internet ini akan disalurkan secara berkala setiap bulannya pada tanggal 11 sampai dengan 15.

Dimulai dari tanggal 11-15 September, 11-15 Oktober, lalu 11-15 November 2021. Bantuan kuota internet gratis ini berlaku selama 30 hari sejak diterima. Rincian besaran kuota internet Kemendikbud adalah sebagai berikut:

  • Peserta didik PAUD: 7 GB per bulan
  • Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah: 10 GB per bulan
  • Pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah: 12 GB per bulan
  • Mahasiswa dan dosen: 15 GB. 
Baca juga  Kemungkinan Setop Bansos Tunai

Keseluruhan bantuan kuota internet Kemendikbud 2021 ini merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbudristek http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Bagi kalian para siswa hingga mahasiswa wajib tahu, cara dapat bantuan UKT dan bantuan kuota internet Kemendikbud di September 2021 ini. Apalagi mengingat masa perkuliahan akan dimulai sebentar lagi.

Tinggalkan Komentar