Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

Barang Langka, Pabrik Milik Anthony Salim Sembunyikan 1,1 Juta Kg Migor di Gudang

Tim satgas pangan terbelalak ketika menemukan gunungan minyak goreng (migor) dalam kemasan di gudang PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP), anak usaha Indofood, kerajaan bisnis milik Anthony Salim.

Ketika persediaan migor menipis di pasaran, Satgas Pangan menemukan 1,1 juta kilogram (kg) migor kemasan di gudang Salim Ivomas, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Temuan itu terungkap dari sidak (inspeksi mendadak) Satgas Pangan Sumatera Utara. Kepala Biro Perekonomian Pemprov Sumut Naslindo Sirait mengatakan, sidak dilakukan bersama Polda Sumut. “Kita melihat faktanya di dapat stok minyak goreng, yang siap dipasarkan sekitar 1,1 juta kilogram, minyak goreng bertumpuk di gudang,” kata Naslindo, Jumat (18/2/2022).

Baca juga
Wujudkan Ketahanan Pangan, Holding Danareksa Salurkan Sembako dan Alquran

Manajemen SIMP pun menjelaskan, stok minyak goreng sebanyak 1,1 juta kg di gudang pabrik mereka, sudah ada pemesannya dan siap didistribusikan. Di antara pemesan, termasuk pabrik mi instan yang masih satu grup di bawah bendera Indofood Sukses Makmur. “Hasil produksi minyak goreng kami di Pabrik Lubuk Pakam, Deli Serdang, terutama digunakan untuk kebutuhan pabrik mi instan Indofood di wilayah Sumatera sebesar 2.500 ton/bulan,” kata manajemen Salim Ivomas Pratama, Sabtu (19/2/2022).

Pabrik minyak goreng tersebut memprioritaskan pemenuhan kebutuhan minyak goreng untuk pabrik miinstan grup perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Deli Serdang. Demi memastikan kebutuhan pangan tersedia suplainya dengan baik.

Baca juga
Polisi Temukan 2 Hektar Ladang Ganja di Pegunungan Tor Mangompang

Selain untuk memenuhi kebutuhan sendiri, lanjutnya, kelebihan minyak goreng diproses menjadi minyak goreng bermerek dalam berbagai ukuran terutama kemasan 1 liter dan 2 liter. Anak usaha Indofood itu mengeklaim, sebanyak 550.000 karton per bulan minyak goreng rutin di distribusikan kepada distributor dan pasar modern di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan dan Jambi.

 

Tinggalkan Komentar