Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

Barito Timur Aktifkan Lagi Posko PPKM di Desa

Barito Timur Aktifkan Lagi Posko PPKM di Desa

Pemerintah Kabupaten Barito Timur di Provinsi Kalimantan Tengah aktifkan kembali posko pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di setiap desa/kelurahan guna mencegah peningkatan kasus penularan COVID-19.

“Dari hasil rapat kemarin kita sepakati bahwa pos PPKM di desa diaktifkan kembali sebagai upaya antisipasi gelombang ketiga COVID-19 di tingkat desa dan kelurahan di Kabupaten Barito Timur,” kata Kepala Kepolisian Resor Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra selaku Wakil Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Barito Timur di Tamiang Layang, Rabu (16/2/2022).

Ia mengatakan bahwa posko PPKM di tingkat desa/kelurahan merupakan bagian dari benteng pertahanan dalam menghadapi gelombang ketiga penularan COVID-19.

Baca juga
Pakar: Anak Muda yang Terinfeksi Omicron Alami Gejala Lebih Ringan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur Barnusa mengatakan bahwa pemerintah desa bisa menggunakan Dana Desa untuk mendukung kegiatan posko PPKM, termasuk menyediakan fasilitas isolasi bagi pasien COVID-19.

Menurut dia, sebanyak 93 dari 101 desa di Kabupaten Barito Timur sudah mengajukan pencairan Dana Desa tahap satu, yang nilainya 40 persen dari seluruh dana.

Ia mengatakan bahwa pemerintah desa bisa menggunakan sebagian Dana Desa untuk mendukung pelaksanaan PPKM mikro guna mencegah dan menanggulangi penularan COVID-19.

“Kita sedang menghadapi gelombang ketiga COVID-19. Desa-desa, kecamatan, harus siap…,” katanya.

Tinggalkan Komentar