Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Basis Massa Pendukung Anies Tersebar di 6 Wilayah, Sulawesi Jadi Tantangan  

Jumat, 18 Nov 2022 - 16:55 WIB
Anies Baswedan Yogyakarta
Anies Baswedan yang dideklarasikan sebagai bakal Capres 2024 oleh Forum Ka'bah Membangun dan Forum Ulama Membangun di Sleman, DIY, Rabu (16/11/2022). (Foto: Inilah.com/ Ridwan Anshori)

Voxpol Center Research and Consulting merilis hasil survei yang mengungkapkan basis wilayah pemilih Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dengan tingkat elektabilitas tertinggi. Anies disebut meraup dukungan besar dari enam wilayah, sedangkan Sulawesi menjadi tantangan karena menerima dukungan suara sedikit dibanding dengan wilayah Sumatera, Jakarta, dan Banten.

“Pak Anies sumber elektabilitasnya ada di Sumatera, ada di DKI, Banten, kemudian Jawa Barat (Jabar), ada sedikit di Kalimantan, dan ada di Sulawesi sedikit,” tutur Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, di Jakarta, Jumat (18/11/2022).

Rincian sebaran basis massa pendukung Anies tertinggi di Jakarta dan Banten (43 persen), Sumatera (35,8 persen), Papua dan Maluku Maluku (34 persen), Kalimantan (33,8 persen), Sulawesi (33 persen) dan Jabar (29 persen). Berdasarkan hasil survei Voxpol, Anies menjadi kandidat capres dengan elektabilitas tertinggi dengan tingkat keterpilihan 26,1 persen. Disusul Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (25 persen) dan Prabowo Subianto (20,7 persen).

Baca juga
Ada Nama Hashim, Prabowo dan Sukanto Tanoto di Pusaran Proyek IKN

Survei ini digelar di 34 provinsi melibatkan 1.200 responden yang merupakan warga dengan memiliki hak pilih pada Pemilu 2024, menggunakan metode multistage random sampling dengan wawancara tatap muka secara langsung dan mendalam oleh surveyor. Berdasarkan survei yang dilakukan pada 22 Oktober hingga 7 November 2022, disimpulkan bahwa ketiga figur dengan tingkat keterpilihan tinggi sangat kompetitif.

“Jadi, artinya ini masih kompetitif, tidak bisa dipastikan sebetulnya karena masih di range margin of error, masih sangat dinamis,” kata Pangi.

Tinggalkan Komentar