Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Bastianini Persembahkan Kemenangannya di Qatar untuk Mendiang Fausto Gresini

Bastianini Fausto Gresini
Enea Bastianini merayakan kemenangannya seri pembuka GP Qatar bersama Nadia Padovani, istri mendiang Fausto Gresini, yang kini jadi bos tim Gresini Racing (foto: motorsport.com)

Pebalap tim Gresini Racing Enea Bastianini mengukir sejarah dengan meraih kemenangan perdananya di kelas MotoGP usai menjuarai seri pembuka Grand Prix Qatar pada Minggu (6/3/2022). Ia pun mendedikasikan kesuksesannya itu untuk mendiang Fausto Gresini, sang pendiri tim Gresini Racing.

Mengendarai motor Ducati GP21, Bastianini menunjukkan kelasnya dan muncul sebagai salah satu penantang serius kejuaraan dunia balap motor kelas premier musim ini setelah tampil bersinar di bawah lampu sorot Sirkuit Internasional Losail hari itu.

Brad Binder juga tampil mengejutkan mengamankan P2 untuk tim Red Bull KTM Factory Racing setelah finish ketat 0,3 detik berselang di belakang Bastianini. Sedangkan Pol Espargaro, rider tim Repsol Honda, yang memimpin sebagian besar lomba di Losail, melengkapi podium balapan GP Qatar 2022.

Baca juga
Sirkuit Mandalika Sempat Diguyur Hujan Sebelum Race MotoGP

“Perasaan saya sekarang luar biasa karena saya menekan sejak awal, tapi yang paling penting adalah menjaga ban hingga akhir balapan,” kata Bastianini seperti dikutip dari situs resmi MotoGP, Senin (7/3/2022).

“Ketika saya melihat Pol (Espargaro)tampil menekan, saya menyalip Brad (Binder) di balapan. Pada akhirnya Pol sangat dekat dengan saya dan kemudian saya kira saya bisa memenangi balapan ini. Kemudian saya menyalipnya di tikungan pertama ketika dia melebar,” imbuhnya.

Setelah mengambil alih pimpinan lomba dalam empat lap terakhir, Bastianini mendapat ancaman dari Binder yang semakin mendekat sehingga memangkas defisit jarak hingga 1,1 detik saat dua lap terakhir.

Baca juga
Pratama Arhan 'Dilirik' Lazio

Menuju putaran pamungkas, sang pebalap Afrika Selatan itu semakin mendekat dengan jarak 0,6 detik namun Bastianini bertahan dan menggeber motornya ke tikungan terakhir dan merebut kemenangan emosional pada petang hari itu, suatu persembahan yang sempurna bagi Fausto, pendiri tim Gresini yang meninggal dunia karena komplikasi COVID-19 tahun lalu.

“Saya ingin mendedikasikan kemenangan ini untuk Fausto, dia telah banyak mendorong saya dari langit,” kata Bastianini.

“Ini fantastik bagi semua anggota tim, saya rasa kami menangis, semuanya. Saya sangat senang dengan keluarga saya di rumah, saya ingin berterima kasih kepada semua orang karena ini,” lanjut dia.

Baca juga
Kemenhub Siapkan Dana Rp21,2 Miliar untuk Transportasi MotoGP Mandalika

Dengan hasil yang mengejutkan, Qatar menjadi pembuka musim yang spektakuler sebelum para pebalap melanjutkan pertarungan di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia dua pekan berselang, tepatnya pada 18-20 Maret 2022.

Tinggalkan Komentar