Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Basuki, Menteri Kesayangan Jokowi

Jumat, 17 Des 2021 - 16:56 WIB
Penulis : Willi Nafie
Basuki Menteri Kesayangan Jokowi

Presiden Joko Widodo lebih dekat dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ketimbang menteri lainnya. Basuki, menteri kesayangan Jokowi, karena tulus bekerja dan jujur. Dua periode posisi Basuki  sebagai orang nomor satu di PUPR tak tergantikan.

“Basuki, menteri kesayangan Jokowi,” kata Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin kepada Inilah.com, Jumat (17/12/2021).

Ujang menilai ada beberapa alasan Basuki masih dipercaya Jokowi sebagai menteri PUPR. Basuki selain jujur, juga tidak aneh-aneh saat bekerja. Mampu menterjemahkan keinginan Jokowi dalam pembangunan ifrastruktur secara maksimal.

“Menteri yang tidak neko-neko. Tidak ada sebut-sebut korupsi,” ucap Ujang.

Baca juga
Partikel Es Jadi Tantangan Upaya Pencarian Anak Ridwan Kamil

Basuki Menteri Kesayangan karena Berbeda

Ujang menilai Basuki berbeda dengan menteri-menteri yang lain di Kabinet Jokowi Ma’ruf. Basuki tidak pernah terdengar disebut sebagai calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Basuki juga bebas kepentingan pihak lain karena bukan kader partai politik.

Presiden Jokowi semakin lebih nyaman berpatner dengan Basuki bila merujuk sejumlah hal di atas. Pembangun infrastruktur menjadi lebih fokus. Pasalnya Jokowi menyampaikan pembangunan infrastruktur bukan hanya fisik. Banyak hal yang akan muncul dan berkembang bersamaan dengan infrastruktur.

“Tidak keinginan jadi capres cawapres, jadi jokowi lebih nyaman,” ungkap Ujang.

 Basuki Menteri Kesayangan Jokowi

Kebersamaan Jokowi dan Basuki

Presiden Jokowi berulang kali memamerkan kebersamaannya bersama Menteri Basuki di akun medsos Instagram. Mulai dari melakukan kunjungan kerja di berbagai daerah, hingga selepas keduanya melakukan salat bersama di masjid.

Baca juga
Jokowi Sesalkan Pernyataan Menteri yang tak Sensitif pada Kondisi Rakyat

Jokowi terlihat mengunggah foto terbaru bersama Basuki selepas Jumatan di Masjid Agung Baiturrahman, Ngawi, Jawa Timur, Jumat (17/12).

Keduanya tampak duduk berdampingan di atas dua buah kursi berwarna biru. Lalu mengenakan kaos kaki secara bersamaan sambil berbincanga.

Kekompakan juga tampak terlihat dalam cara berpakaian.  Presiden Jokowi dan Menteri Basuki mengenakan baju kemeja putih lengan panjang dan celana berwarna hitam.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Jokowi berkunjung ke Blora, Jawa Tengah dalam rangka meresmikan Bandara Ngloram. Jokowi pada kesempatan yang sama juga berkunjung ke Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Tinggalkan Komentar