Senin, 05 Desember 2022
11 Jumadil Awwal 1444

Batalkan Kenaikan Harga BBM Jadi Harga Mati, Besok Buruh Turun ke Jalan

Senin, 05 Sep 2022 - 21:58 WIB
Batalkan Kenaikan Harga BBM Harga Mati, Besok Buruh Kepung DPR
KSPI dan Partai Buruh tolak kenaikan BBM.

Tak mau kalah dengan mahasiswa, ribuan buruh bakal menggeruduk gedung DPR pada Selasa (6/9/2022), menuntut pembatalan kenaikan harga BBM. Aksi ini juga digelar di 33 provinsi lainnya.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang juga Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menegaskan, puluhan ribu buruh siap bergabung untuk melakukan aksi ekstra parlementer, menolak keputusan Presiden Jokowi yang menaikkan harga BBM.”Aksi ini diorganisir Partai Buruh dan organisasi serikat buruh, petani, nelayan, guru honorer, PRT, buruh migran, miskin kota, dan organisasi perempuan di 34 provinsi. Aksi serentak akan dilakukan di kantor gubernur,” ujar Said Iqbal, Jkarta, Senin (5/9/2022).

Dalam aksi ini, Said Iqbal mengatakan, buruh memperjuangkan tiga isu utama. Yakni, tolak kenaikan harga BBM, tolak omnibus law UU Cipta Kerja, dan naikkan UMK 2023 sebesar 10 persen hingga 13 persen. “Tujuannya adalah meminta gubernur membuat surat rekomendasi kepada Presiden dan Pimpinan DPR RI agar membatalkan kenaikan harga BBM,” lanjut Said Iqbal.

Baca juga
Habis Kenaikan Terbitlah Pembatasan Pembelian BBM

Untuk Jabodetabek, kata Said Iqbal, aksi akan diikuti sekurang-kurangnya 5.000 buruh. Aksi akan dipusatkan menuju gedung DPR, mulai pukul 10.00 WIB. “Buruh menuntut pembentukan panja atau Pansus BBM, agar harga BBM diturunkan,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar