Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Batasi Makanan Tidak Sehat yang Mengandung Gula, Garam, dan Lemak Berlebih

Jumat, 03 Jun 2022 - 18:40 WIB
Makanan Tidak Sehat
Istockphoto

Jika makanan enak yang dimaksud adalah makanan yang mengandung gula, garam, lemak yang berlebih, tentunya makanan tersebut masuk kategori makanan yang tidak sehat.

Sebagian orang enggan mengonsumsi makanan sehat karena sering dipersepsikan rasanya tidak enak. Kenyataannya, banyak juga makanan sehat yang memiliki cita rasa yang enak.

“Sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kita harus membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak (GGL) untuk meminimalisir risiko terkena penyakit metabolik seperti diabetes, obesitas, dan lainnya. Batas maksimal seseorang mengonsumsi GGL adalah 50 gram (4 sendok makan) gula, 5 gram (1 sendok teh) garam, dan 67 gram (5 sendok makan) lemak setiap harinya,” kata Rendy Dijaya, Researcher & Health Educator Nutrifood Research Center ditulis di Jakarta, Jumat, (3/6/2022).

Baca juga
Penyakit Jantung Bawaan pada Anak Perlu Deteksi Dini

Batas tersebut bukan batas yang harus dipenuhi, melainkan batasan maksimal yang bisa dikonsumsi setiap orang agar terhindar dari penyakit berbahaya di kemudian hari.

Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Walau demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa gula, garam, dan lemak biasanya meningkatkan cita rasa makanan, yang juga merupakan salah satu faktor penting dalam memilih makanan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa sekitar 82 persen subjek menyatakan rasa sebagai faktor yang sangat penting dalam pemilihan makanan.

Sayangnya, mereka yang sangat mementingkan rasa diketahui memiliki pola makan yang cenderung tidak sehat dan lebih memilih makanan yang tinggi gula dan tinggi garam.

Baca juga
Edukasi Nutrisi Bulan Ramadan, Penuhi 4 Komponen Penting dalam Tubuh

Sebaliknya, tingkat konsumsi buah dan sayur mereka cenderung lebih rendah.

Selain itu, kelompok subjek ini juga menganggap mengurangi garam saat memasak atau mengurangi gula pada teh atau kopi kurang penting untuk menjaga kesehatan.

Padahal banyak pilihan makanan sehat yang tetap terasa enak tanpa harus mengandung gula, garam, dan lemak yang berlebih. Misalnya, mengganti konsumsi cemilan tinggi kalori dengan konsumsi buah-buahan.

Makanan yang mengandung gula, garam, serta lemak tinggi memang amat menggoda. Tapi jangan sampai kita lupa untuk menjaga kesehatan.

“Yuk, biasakan untuk mengurangi makanan atau minuman tinggi gula, garam, dan lemak yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan! Biasakan diri untuk memilih dan memakan makanan yang lebih sehat, salah satunya dengan memilih produk yang lebih rendah GGL,” tambah Rendy.

Tinggalkan Komentar