Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

Bawa Tanah Kampung Akuarium ke IKN, Anies: Harapannya Tidak Memarjinalkan Rakyat Kecil

Kampung akuarium
Ibu-ibu di Kampung Akuarium mengambil tanah untuk dibawa Anies Baswedan ke IKN Nusantara

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir memenuhi undangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke IKN Nusantara dengan membawa tanah dan air dari kota asalnya.

Anies pun membawa tanah yang berasal dari Kampung Akuarium, Jakarta Utara dengan harapan pembangunan kota baru tidak memarjinalkan rakyat kecil. Seperti yang dituliskan dalam Instagram @aniesbaswedan pada Minggu (13/3/2022).

“Setiap gubernur ditugaskan untuk membawa tanah dan air dari provinsinya. Pada hari Minggu siang ini semua, bersama-sama ke Kalimantan Timur,” tulisnya.

Tanah tersebut dicangkul oleh warga setempat yang umumnya kaum ibu dan dikumpulkan oleh beberapa warga di kampung yang terletak di pesisir utara Jakarta itu, kemudian ditampung di besek bambu.

Baca juga
Aziz Syamsuddin Datang ke Lapas Saat Ultah Rita

“Tanah dari Kampung Akuarium menghadirkan harapan bahwa pembangunan kota baru yang akan dijadikan ibu kota ini hendaknya tidak memarjinalkan rakyat kecil,” tulisnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini berharap pembangunan IKN nantinya justru memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi semua khususnya rakyat kebanyakan.

Tanah yang diantarkan ke lahan yang akan dibangun kota baru dan menjadi ibu kota negara itu, diharapkan menjadi kota yang mencerminkan cita-cita mendasar Republik Indonesia.

“Kembalinya kehidupan masyarakat di Kampung Akuarium menjadi simbol atas kembalinya cita-cita dasar pendirian Republik Indonesia yaitu melindungi setiap tumpah darah dan untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tambahnya.

Baca juga
Jokowi Berharap Jepang Bisa Ikut Bantu Pembangunan IKN Nusantara

Sebelumnya, sebanyak 33 gubernur se-Indonesia bakal hadir di titik nol IKN Nusantara guna menyerahkan tanah dan air dari wilayahnya masing-masing, kemudian disatukan ke dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN bernama Nusantara.

Acara ritual itu akan dipimpin langsung oleh Presiden RI Jokowi pada Senin (14/3/2022) besok.

Tinggalkan Komentar