Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Baznas Siapkan Ongkos Mudik untuk Pengemis Musiman

Pmks - inilah.com
Antara

Baznas Bazis Kota Jakarta Selatan akan memberikan ongkos mudik ke kampung halaman bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), baik yang tercatat di Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta maupun PMKS musiman.

“Kalau seandainya ada PMKS yang datang ke Jakarta, kita disini memang ada (alokasi dana), tapi kita akan cek dulu, kita assesment, apa yang jadi tujuannya PMKS datang ke Jakarta. Kalau seandainya dia membutuhkan ongkos untuk pulang kampung insyaAllah kita akan berikan ongkos,” kata Kepala Koordinator Baznas Bazis Kota Jakarta Selatan Yasdar kepada inilah.com, Rabu (30/3/2022).

Namun, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan assesment kepada PMKS dan koordinasi dengan Dinas Sosial, terutama yang baru datang ke Jakarta agar zakat yang disalurkan tepat sasaran.

Baca juga
Lokapala Tebar Skin dan Kuliner Nusantara Meriahkan Ramadan

“Kami meminta rekomendasi dan saran dari Dinas Sosial, kita akan koordinasi karena PMKS dalam pengawasan dinas sosial,” tambahnya.

Yasdar mengatakan, pada prinsipnya pengentasan kemiskinan menjadi tugas lembaga zakat, termasuk Baznas.

“Bila melihat sejarahnya dulu, untuk mengentaskan kemiskinan memang menjadi tugas dari lembaga zakat karena zakat diperuntukkan kepada yang berhak seperti fakir miskin, dhuafa dan anak yatim,” ujar Yasdar.

Baznas mengimbau masyarakat bila ada kelompok atau individu yang masuk dalam kategori penerima zakat diminta untuk menghubungi call center melalui website resmi Baznas Provinsi DKI Jakarta.

Takjil dan Makan Gratis saat Ramadan

Baznas Bazis Kota Jakarta Selatan juga mempunyai program unggulan saat Ramadan, yakni sahur dan buka puasa gratis serta takjil yang akan dibagikan setiap harinya.

Baca juga
BAZNAS Salurkan Bantuan Rp1 Miliar untuk Korban Erupsi Semeru

“Jadi kami memiliki program unggulan ‘Semua bisa makan’ di hampir 200 warung-warung yang ada di Jakarta Selatan, masyarakat mendapatkan makan gratis,” kata Yasdar.

Baznas mengaku akan menyalurkan zakat sesuai data riil yang diperoleh dari lembaga keagamaan atau mesjid dan mushola, kecamatan dan kelurahan.

“Sudah tidak ada lagi istilah di Jakarta Selatan ini ada masyarakat yang tidak bisa makan. Karena baznas sudah menyiapkan saat ramadan nanti akan membagikan 500 ribu takjil setiap hari dan sahur dan buka puasa gratis,” pungkasnya. [fad]

Tinggalkan Komentar