Senin, 28 November 2022
04 Jumadil Awwal 1444

Bea Cukai Ajak Pelajar di Jatim dan Yogyakarta Tangkal Penipuan

Rabu, 31 Agu 2022 - 17:36 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Bea Cukai Ajak Pelajar di Jatim dan Yogyakarta Tangkal Penipuan
Bea Cukai Ajak Pelajar di Jatim dan Yogyakarta Tangkal Penipuan

Bea Cukai kembali menerima kunjungan dari beberapa sekolah dan universitas di wilayah Sidoarjo, Yogyakarta, dan Malang.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan bahwa selain ilmu yang didapatkan di sekolah atau universitas, pelajar atau mahasiswa membutuhkan pengetahuan langsung terkait kegiatan di lapangan salah satunya kepabeanan dan cukai.

Apalagi maraknya penggunaan media sosial oleh kalangan pelajar diharapkan pengatahuan tentang Bea Cukai dapat menjauhkan dari penipuan.

Senin (22/8/2022), Bea Cukai Juanda menerima kunjungan studi akademik Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Kegiatan dilaksanakan di aula kantor dengan mengangkat tajuk Campus Goest to Customs (CGC) dan dihadiri tiga puluh mahasiswa. Dalam kegiatan ini banyak disampaikan terkait ketentuan impor terutama skema barang kiriman dan barang bawaan penumpang.

Baca juga
Bea Cukai Beri Edukasi pada Mahasiswa di Tiga Wilayah Ini

“Dalam kegiatan ini Bea Cukai Juanda juga menyampaikan terkait peran Bea Cukai diberbagai daerah dalam mengawal UMKM untuk melakukan ekspor sebagai bentuk pelaksanaan tugas industrial assistance sekaligus trade facilitator. Selain itu juga dibahas seputar modus penipuan, free trade area dan dan barang-barang ilegal,” ujar Hatta.

Selanjutnya, SMK NU Ma’arif Suradadi melakukan kunjungan studi ke Bea Cukai Jogja (BeJo). Total hampir 50 siswi dan guru dari SMK NU Ma’arif mengikuti acara yang diselenggarakan di Aula Kantor BeJo tersebut. Sama halnya dengan Bea Cukai Juanda, dalam kegiatan ini Bejo menkankan kepada para pelajar untuk waspada terhadap penipuan mengatasnamakan Bea Cukai.

Baca juga
Lewat Optimalisasi Layanan Kepabeanan, Bea Cukai Dukung Kemajuan Pariwisata dan Pendidikan Indonesia

Terakhir, Bea Cukai Malang menyelenggarakan kegiatan Customs Goes to School ke SMA Negeri 1 Kepanjen pada hari Rabu, 24 Agustus 2022. Acara ini diikuti oleh siswa kelas XI dengan total 62 peserta. Selain tugas dan fungsi Bea Cukai, dalam kegiatan ini ini juga diberikan pengenalan singkat tentang PKN STAN serta memberi motivasi kepada para siswa untuk terus semangat belajar demi meraih cita-cita.

“Tidak hanya menindak dan mencegah peredaran barang ilegal saja, kami juga memiliki kewajiban untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kepabeanan dan cukai, salah satunya kepada pelajar,” pungkas Hatta.

Tinggalkan Komentar