Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Bea Cukai Antarkan Dua Pelaku Usaha Lokal Mendunia Lewat Ekspor

Senin, 31 Okt 2022 - 19:30 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Bea Cukai Antarkan Dua Pelaku Usaha Lokal Mendunia Lewat Ekspor
Bea Cukai Antarkan Dua Pelaku Usaha Lokal Mendunia Lewat Ekspor

Bea Cukai kembali antarkan dua pelaku usaha lokal mendunia. Lewat asistensi ekspor yang dilakukan oleh Bea Cukai Surakarta dan Bea Cukai Bengkulu, UMKM Indonesia kembali berkontribusi dalam program pemulihan ekonomi nasional.

Asistensi Bea Cukai Surakarta dilakukan kepada PT Syailendra Bumi Investama yang memproduksi minyak atsiri. Berawal dari tahun 2014, Endang Listiani, pendiri perusahaan mulai mengembangkan usahanya. Hingga tahun 2019 usahanya berkembang pesat.

“Dalam memulai usaha kita perbanyak relasi dengan petani dan penyuling. Kita mencoba untuk membantu menampung dan memasarkan produk mereka. Karena saat itu saya melihat ada permainan harga, di mana harga minyak atsiri di pasar lokal justru lebih rendah dari biaya produksi, maka saya berinisiatif untuk dapat memasarkan produk minyak atsiri ke luar negeri,” ungkap Elis, panggilan akrabnya, Senin (31/10/2022).

Perjuangan Elis tentunya menjadi motivasi bagi setiap orang yang ingin menjadi pengusaha. Terlebih, perjuangannya dimulai dengan modal yang minus, atau justru berhutang.”Usaha kami dulunya dimulai dengan modal yang minus. Karena masih ada tanggungan hutang yang kami miliki,” ungkapnya.

Baca juga
Kuatkan Laju Pemulihan Ekonomi, Bea Cukai Kembali Berikan Dua Izin Fasilitas Kawasan Berikat

“Dalam memulai usaha kita perbanyak relasi dengan petani dan penyuling. Kita mencoba untuk membantu menampung dan memasarkan produk mereka. Karena saat itu saya melihat ada permainan harga, di mana harga minyak atsiri di pasar lokal justru lebih rendah dari biaya produksi, maka saya berinisiatif untuk dapat memasarkan produk minyak atsiri ke luar negeri,” sambungnya.

Melihat potensi besar itu, Bea Cukai Surakarta hadir dalam memberikan pelayanan kepabeanan di bidang ekspor. Dukungan dan asistensi terus diberikan kepada UMKM sehingga ekspor perdana PT. Syailendra Bumi Investama dapat terealisasi.”Kami sangat merasa terbantu sekali oleh Bea Cukai Surakarta, yang dalam hal ini telah membantu kami untuk dapat melaksanakan ekspor. Tidak hanya membantu perizinan, tapi kami selalu dipandu dan didampingi oleh pihak Bea Cukai Surakarta. Selain itu, mereka bahkan mendatangi dan memberikan solusi untuk teman-teman UMKM agar ekspor dapat berjalan dengan lancar,” bebernya.

Baca juga
Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Bea Cukai Operasi Pasar di 16 Titik

PT. Syailendra Bumi Investama telah berhasil melakukan ekspor perdananya ke India pada tanggal 17 Oktober 2022 lalu. Ekspor ini menjadi sebuah langkah maju dan optimisme yang luar biasa, juga sebagai bukti bahwa UMKM Indonesia dapat mendunia dengan produknya.

Produk yang diekspor berupa sugandh mantri essential oil pure sejumlah 100 kilogram dengan negara tujuan India. Jika dilihat dari nilai devisa, maka nilai devisa yang didapatkan negara adalah sebesar 25.469 USD atau diperkirakan sekitar 391 Juta Rupiah. Kita tentunya berharap agar ekspor ini dapat terus berjalan dan memberikan dampak positif pada perekonomian negara.

Sementara itu di Bengkulu, Bea Cukai bersama Kepala BKIPM, Pemerintah Daerah Bengkulu, Garuda Indonesia Provinsi Bengkulu, serta Fatmawati-Soekarno Airport Operation dan instansi terkait lainnya melakukan pelepasan ekspor lintah dari UMKM Sultan Lintah Indonesia.

Kegiatan ekspor ini merupakan buah dari upaya UMKM Sultan Lintah Indonesia menembus pasar internasional komoditi lintah budidaya yang memiliki potensi permintaan cukup besar dari pasar luar negeri. Sinergi antar instansi dalam memberikan pendampingan juga berperan dalam terwujudnya ekspor ini.

Baca juga
Ini Cara Bea Cukai Dukung UMKM Naik Kelas melalui Pasar Ekspor

Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan, Hatta Wardhana, mengungkapkan, UMKM merupakan roda penggerak utama perekonomian Indonesia. Kebangkitan UMKM artinya meningkatkan produktivitas pekerja dalam negeri serta memperbanyak peredaran produk dalam negeri. “Menjadi sebuah harapan besar bagi Bea Cukai bahwa UMKM dapat terus berkembang dan menggerakkan perekonomian, bahkan hingga mampu untuk melakukan ekspor ke luar negeri,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar