Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Bea Cukai Beri Dukungan Kegiatan JCET Vector Balance Iron dan ASEAN Para Games 2022

Senin, 01 Agu 2022 - 20:39 WIB
Penulis : Anton Hartono
bea cukai inilah.com
(foto Bea Cukai)

Melalui optimalisasi layanan kepabeanan, Bea Cukai turut mendukung kegiatan bilateral atau regional yang dilakukan Indonesia bersama dengan negara lainnya.

Dukungan tersebut diberikan melalui kemudahan layanan dan fasilitas kepabeanan guna memperlancar arus masuk atau keluarnya barang ke/dari Indonesia.

Di Bandung, Bea Cukai Bandung memberikan fasilitas impor sementara terhadap peralatan dan perlengkapan militer yang dibawa oleh pasukan US Army, pada Sabtu (9/7/2022).

Sebanyak 22 orang US Army tiba di Bandara Husein Sastranegara Bandung guna melaksanakan latihan bersama (Latma) dengan TNI (Tentara Nasional Indonesia) AD (Angkatan Darat) dalam JCET (Joint Combine Exchange Training) Vector Balance Iron 2022 di Jakarta.

Tujuan diadakannya latihan bersama adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan kemitraan kedua negara dalam rangka meningkatkan kerja sama dan keselarasan pasukan khusus. Pelatihan ini diselenggarakan di Pusdiklatpassus Kopassus di Batujajar dan PT Panasia Bandung.

Baca juga
Bea Cukai Batam Gagalkan Penyelundupan Ribuan Butir Obat-Obatan Terlarang

Hatta Wardhana, Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, menjelaskan bahwa impor sementara adalah pemasukan barang impor ke dalam daerah pabean yang benar-benar dimaksudkan untuk diekspor kembali dalam jangka waktu paling lama tiga tahun.

Pembebasan bea masuk diberikan atas impor sementara barang-barang untuk keperluan kegiatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Bea Cukai Bandung senantiasa memberikan pelayanan dan fasilitas dalam memudahkan impor maupun ekspor kegiatan pemerintahan dan militer dalam rangka sinergi antarinstansi.

Seluruh barang keperluan latihan dan barang bawaan pribadi pasukan US Army yang dibawa pada saat kedatangan di Bandara Husein Sastranegara Bandung dilakukan pemeriksaan secara langsung dengan didampingi oleh Perwira TNI AD dan personel US Army.

Baca juga
Tingkatkan Kepatuhan, Bea Cukai Gelar Operasi Pasar

Tim Pemeriksa Bea Cukai Bandung terdiri dari pemeriksa pada Seksi Penindakan dan Penyidikan serta Pelayanan Kepabeanan dan Cukai.

Tim Pemeriksa Bea Cukai Bandung bertugas memeriksa kesesuaian antara barang yang dibawa dengan daftar barang yang ada pada dokumen.

Sementara itu, di Surakarta, Bea Cukai Surakarta turut memberikan pelayanan kepabeanan bagi kontingen ASEAN Para Games 2022 yang digelar di Surakarta pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

ASEAN Para Games merupakan kegiatan pertandingan olah raga penyandang disabilitas se-Asia Tenggara.

Rencananya, kegiatan diikuti oleh 1.570 kontingen dari sebelas negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Dalam perhelatan ini, Bea Cukai memiliki peran penting dalam mengawasi barang bawaan para kontingen yang tiba di Bandara Adi Soemarmo.

Baca juga
Dukung Pemulihan Ekonomi, Bea Cukai Gelar Asistensi Terhadap Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat

Bea Cukai juga bersinergi dengan PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo untuk menyediakan fasilitas pendukung berupa jalur khusus kursi roda untuk pelaksanaan pemenuhan ketentuan kepabeanan terkait pengawasan barang bawaan penumpang.

“Melalui kemudahan prosedural yang diberikan Bea Cukai Surakarta, diharapkan dapat mempermudah pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dalam mendukung pelaksanaan ajang ASEAN Para Games 2022,” pungkas Hatta.

Tinggalkan Komentar