Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Bea Cukai Beri Edukasi pada Mahasiswa di Tiga Wilayah Ini

Jumat, 04 Nov 2022 - 21:00 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Bea cukai
Foto: ist

Dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait ketentuan kepabeanan dan cukai, Bea Cukai melaksanakan sosialisasi kepada mahasiswa. Kegiatan ini sekaligus sebagai kesempatan untuk membangun hubungan baik dengan sivitas akademika, yaitu kalangan dosen dan mahasiswa. Kali ini, kegiatan sosialisasi digelar di wilayah Langsa, Surabaya, dan Belu.

Di Langsa, Bea Cukai Langsa diundang menjadi pemateri pada acara festival usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan talkshow kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Samudra Langsa yang dilaksanakan di Gedung Multiguna Universitas Samudra, pada Jumat (28/10/2022). Bea Cukai Langsa memaparkan materi tentang peran Bea Cukai dalam mendukung UMKM. Selain mahasiswa, kegiatan ini diikuti oleh para pelajar di Kota Langsa.

Baca juga
Produksi Liquid Vape Isi Sabu, Sebuah Rumah di Kembangan Jakbar Digerebek Polisi

Sementara itu, di Surabaya, dengan dalam kegiatan bertajuk “Campus goes to Customs”, Bea Cukai Tanjung Perak menerima kunjungan dari Mahasiswa Universitas Kristen Petra, pada Rabu (02/11). Kegiatan ini diikuti oleh 75 orang mahasiswa beserta dosen pembimbing dari Jurusan Akuntansi Perpajakan. Bea Cukai Tanjung Perak memberikan edukasi terkait kepabeanan dan cukai yang berlangsung di Auditorium Bea Cukai Tanjung Perak.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, mengungkapkan bahwa kegiatan dikemas semenarik dan komunikatif agar mudah dipahami oleh para mahasiswa. “Selain pemaparan materi, mahasiswa juga diajak berkunjung ke Tempat Penimbunan Sementara (TPS) di Pelabuhan Tanjung Perak untuk melihat langsung kegiatan Bea Cukai di lapangan,” imbuhnya.

Baca juga
Dorong Kemajuan Ekonomi dan Tingkatkan Pengawasan, Bea Cukai Perkuat Sinergi Positif

Selanjutnya, di Belu, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani, secara langsung memberikan kuliah umum pada Mahasiswa Politeknik Ben Mboi Universitas Pertahanan RI, pada Kamis (03/11). Askolani menjelaskan terkait peran Bea Cukai dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) khususnya pada pelaku UMKM. Selain itu, kuliah umum juga diisi oleh Direktur Jenderal Anggaran, Isa Rachmatarwata, yang mengisi materi mengenai program percepatan PEN dan peran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam pembangunan perbatasan.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa dapat memahami terkait tugas dan fungsi Bea Cukai serta menjadi Duta Bea Cukai yang mampu memberikan informasi kepada masyarakat,” pungkas Hatta.

Tinggalkan Komentar