Bea Cukai Berikan Asistensi Bantu Pelaku Usaha Daerah Dalam Ekspor

Bea Cukai Berikan Asistensi Bantu Pelaku Usaha Daerah Dalam Ekspor - inilah.com

Membantu pelaku usaha dalam melakukan ekspor yang menembus pasar global, Bea Cukai di berbagai daerah lakukan asistensi dan dukungan terhadap produk andalan daerah setempat. Dengan mengedepankan kunjungan serta pendekatan humanis dengan mendatangi langsung, Bea Cukai mendatangi beberapa UMKM di wilayah Meulaboh, Maluku serta Jambi.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, mengatakan Bea Cukai berkomitmen dalam mendorong pelaku usaha di wilayah pengawasan masing-masing untuk dapat melakukan ekspor. Ekspor akan produk lokal dan andalan menjadi fokus utama Bea Cukai dalam melakukan ekspor daerah tersebut.

“Terhadap pelaku usaha, kami lakukan pendekatan dan sosialisasi terkait aturan ekspor itu sendiri. Kemudian dilakukan pengurusan administrasi bila pelaku usaha telah menyetujui. Ekspor selanjutnya akan dilakukan apabila pihak importir telah menyetujui dan menerima sampel barang contoh yang dikirim tersebut. Dengan ini, penggalian potensi akan makin digencarkan oleh Bea Cukai demi membantu masyarakat dan membangun perekonomian demi memajukan Indonesia,” ungkap Firman.

Baca juga  Operasi Pasar dan Sosialisasi Menjadi Cara Bea Cukai Beri Pemahaman Akan Rokok Ilegal

Dari wilayah Meulaboh, Bea Cukai Meulaboh memberikan asistensi terhadap produk minyak nilam yang rencananya akan dikirim ke Belanda. Dengan pemberian asistensi tersebut, diharapkan pelaku usaha dapat mengekspor sesuai ketentuan dan juga ekspor berjalan lancar hingga meningkatkan perekonomian daerah Meulaboh.

Di Kota Ambon, Bea Cukai Ambon meninjau kembali persiapan rencana ekspor perdana buah pala secara langsung  dari Ambon yang akan dilakukan oleh PT. Kamboti Rempah Maluku. Kunjungan kali ini diharapkan dapat membantu kendala yang dialami pelaku usaha dalam mempersiapkan ekspor perdana pala tersebut.

Bergeser sedikit ke wilayah Pulau Banda Naira, kali ini Tim Dukung Ekspor Bea Cukai Ambon mengarahkan tujuannya ke sana untuk menelusuri lebih lanjut asal pala. Tim Dukung Ekspor membahas serta mencari tahu jalur-jalur dan jumlah komoditi hasil perkebunan dan perikanan untuk pemetaan potensi ekspor dari Banda seperti pala. Kunjungan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan potensi ekspor dari Provinsi Maluku khususnya Banda.

Baca juga  Saat Pandemi COVID-19, Subholding Gas Pertamina Bukukan Cuan US$286,2 Juta

Terakhir dari wilayah Jambi. Bea Cukai Jambi dengan program Klinik Ekspornya lakukan  kunjungan langsung ke Rumah Produksi CV. Dazry Harapan pada 14 September 2021 lalu. UMKM CV. Dazry Harapan merupakan salah satu pengusaha di wilayah Jambi yang aktif memproduksi barang berupa sabun cuci piring, sabun cuci tangan cair, dan pewangi pakaian.

“Dengan adanya program-program semacam ini, kami harap dapat mensosialisasikan langsung kepada pengusaha regulasi serta mekanisme ekspor di berbagai wilayah. Juga membahas kendala yang dihadapi pengusaha semasa ekspor nantinya. Diharapkan hal ini juga dapat meningkatkan semangat pengusaha UMKM dalam meningkatkan kualitas produk menembus pasar global,” tutup Firman

Baca juga  Muhammadiyah Dorong Pemerintah Pikirkan Second Track Diplomacy

Tinggalkan Komentar