Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Jamin Kemudahan Berusaha, Bea Cukai Berikan Izin Pusat Logistik Berikat

Jumat, 26 Agu 2022 - 18:45 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Kemudahan Berusaha
Foto: ist

Menjalankan fungsinya sebagai industrial assistance dan trade facilitator, Bea Cukai senantiasa berupaya memberikan dorongan kepada industri dalam negeri untuk mengembangkan usahanya. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan, baik berupa asistensi hingga pemberian fasilitas kepabeanan untuk menjamin kemudahan berusaha, termasuk melalui pemberian izin fasilitas pusat logistik berikat (PLB) kepada pelaku usaha.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jakarta, Rusman Hadi, pada Jumat (26/08) mengatakan pihaknya telah memberikan izin fasilitas PLB kepada PT Bintan Matra (Bima) Logistics pada tanggal 23 Agustus 2022 lalu. “Pemberian izin fasilitas kepabeanan ini menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mendorong industri nasional karena dengan pemberian fasilitas ini diharapkan dapat mengurangi biaya logistik dan transportasi, mendukung pertumbuhan industri domestik, serta meningkatkan investasi asing dan lokal,” ujarnya.

Baca juga
Jalankan Peran Pelindung Masyarakat, Bea Cukai Musnahkan Puluhan Juta Barang Ilegal

Pemberian izin fasilitas tersebut diberikan secara simbolis langsung oleh Rusman Hadi, hanya berselang satu jam setelah perwakilan PT Bima Logistics melakukan pemaparan proses bisnis dan IT Inventory-nya, yang menjadi syarat pemenuhan izin. PT Bintan Matra Logistics sendiri merupakan perusahan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang serta pergudangan. Pada tahun 2020-2021 terdapat 184 pengiriman yang telah dilakukan melalui PT Bima Logistics.

Dikatakan Rusman, dengan fasilitas yang diperolehnya perusahaan akan mendapatkan penangguhan bea masuk, pajak, izin impor, dan jangka waktu timbun barang lebih dari tiga tahun. “Kami berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan penerima fasilitas dengan optimal dan perusahaan dapat terus menjaga kepatuhan terhadap aturan kepabeanan yang ada,” ujarnya.

Baca juga
Bea Cukai Masifkan Kampanye Gempur Rokok Ilegal Lewat Sosialisasi

Ia pun menegaskan bahwa Bea Cukai akan selalu mendukung usaha pemerintah untuk meningkatkan daya saing logistik nasional melalui pemberian fasilitas kepabeanan, membangun kemitraan yang baik dengan pemangku kepentingan dan instansi lain, serta dengan berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik melalui teknologi dan digitalisasi yang prima untuk menciptakan sebuah ekosistem logistik yang lebih terintegrasi dan efisien.

Tinggalkan Komentar