Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

Bea Cukai dan BNN Temukan 2,9 Kilogram Narkoba di Jeriken

Rabu, 05 Okt 2022 - 18:42 WIB
Penulis : Anton Hartono
bea cukai inilah.com
Bea Cukai bekerja sama dengan (BNNP Jawa Tengah gagalkan penyelundupan narkotika

Jalankan fungsinya sebagai community protector, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Tengah dan Bea Cukai Tanjung Emas bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah gagalkan penyelundupan narkotika jenis Methamphetamine (sabu) seberat 2,9 kg yang disembunyikan dalam dua jeriken.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin mengatakan penyelundupan sabu tersebut menggunakan modus barang kiriman dari Malaysia melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Pada tanggal 14 September 2022, di gudang logistik salah satu perusahaan jasa titipan di Semarang, petugas memeriksa sebuah paket barang kiriman dari Malaysia tujuan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Paket yang dikirim melalui kargo laut dan didaftarkan sebagai barang pindahan tersebut diperiksa petugas dengan bantuan pencitraan x-ray dan tim anjing pelacak/K-9 Kanwil Bea Cukai Jateng DIY. Diketahui, paket tersebut berisikan perlengkapan dapur, pakaian bekas, dan dua jeriken yang di dalamnya terdapat semacam cairan lateks dan bungkusan berisi 2.925 gram kristal bening. Dengan uji narkotes didapati hasil reaktif sabu atas kristal bening tersebut,” ungkap Anton.

Baca juga
Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, Bea Cukai Kembali Berikan Fasilitas untuk Dua Pelaku Usaha Dalam Negeri

Petugas lalu menindaklanjutinya dengan melakukan uji sampel di Laboratorium BLBC Bea Cukai Tanjung Emas, hingga mendapatkan hasil bahwa barang tersebut ialah narkotika golongan I jenis sabu. Kemudian, bersama tim BNNP Jawa Tengah, pada tanggal 16 September 2022, petugas Bea Cukai melaksanakan control delivery ke penerima barang yang berinisial AF, di dekat Pasar Randuagung, Kabupaten Lumajang.

“Menurut keterangan tersangka AF, ia diminta oleh NHS untuk menerima barang. NHS saat ini masih berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) dan merupakan bagian dari jaringan narkotika Madura yang menggunakan wilayah Jawa Tengah sebagai basis transit kiriman narkotika melalui jalur laut dari Malaysia. Saat ini, barang butki telah diserahterimakan ke BNNP Jawa Tengah untuk dilakukan pengamanan dan penelitian lebih lanjut,” ujarnya.

Baca juga
2 Sopir Mengemudi Truk Dalam Pengaruh Narkoba

Penggagalan upaya penyelundupan sabu tersebut diperkirakan telah menyelamatkan belasan ribu nyawa anak bangsa, dengan asumsi satu gramnya dikonsumsi oleh 4-5 orang. “Bea Cukai bersama dengan BNN akan terus bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan pengawasan sebagai langkah preventif untuk menekan masuknya narkotika di Indonesia demi terwujudnya Indonesia Bersinar (Bersih dari Narkoba),” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar