Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Bea Cukai Jayapura dan Satgas Pamtas RI-PNG Gagalkan Transaksi Ganja Kering

Rabu, 25 Jan 2023 - 19:07 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Bea Cukai Jayapura bersinergi dengan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS laksanakan Patroli Patok Perbatasan MM 2 (Dok. Bea Cukai)
Bea Cukai Jayapura bersinergi dengan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS laksanakan Patroli Patok Perbatasan MM 2 (Dok. Bea Cukai)

Bea Cukai Jayapura bersinergi dengan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS laksanakan Patroli Patok Perbatasan MM 2 di Kampung Mosso Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Pada patroli yang berlangsung pada tanggal 14 Januari lalu tersebut, petugas gabungan menggagalkan transaksi narkoba sebanyak 48 plastik berisi ganja kering seberat 1.843 gram.

“Kegiatan patroli ini sudah direncanakan sejak awal Januari 2023 dalam rangka mengecek lokasi dan kondisi patok perbatasan RI-PNG. Kemudian pada tanggal 14 Januari 2023 bertempat di Pos Komando Utama di Skouw, Wadan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS berkoordinasi dengan Bea Cukai Jayapura untuk melakukan kegiatan Patroli Patok Perbatasan MM 2 sebagai upaya tindak lanjut atas laporan masyarakat terkait adanya transaksi ganja di sekitar wilayah Skouw, Mosso, dan Muara Tami,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Jayapura, Edy Susanto.

Baca juga
Bea Cukai Laksanakan Operasi Pasar Pantau Potensi Peredaran Rokok Ilegal

Edy pun menceritakan kronologi penindakan narkoba tersebut. “Petugas gabungan menuju patok perbatasan dan mendapati dua orang membawa sebuah tas. Keduanya diduga sedang melakukan transaksi narkotika jenis ganja kering dengan satu orang lainnya. Tim Patroli Patok Perbatasan Gabungan mendekati tiga orang tersangka tersebut, tetapi ketiganya seketika melarikan diri ke arah perbatasan RI-PNG dan membuang tas yang dibawa. Petugas pun menyita barang bukti berupa narkoba jenis ganja kering dengan berat 1.843 gram yang dibungkus dalam kantong plastik berwarna hitam dari dalam tas. Saat ini, barang bukti narkotika telah diserahkan kepada BNNP Provinsi Papua guna diproses lebih lanjut,” rincinya.

Baca juga
Sinergi Bea Cukai Jayapura dan Satgas Pengamanan Perbatasan Gagalkan Penyelundupan Ganja

Edy berharap sinergi antara Bea Cukai Jayapura dan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS tak berhenti di sini. “Semoga ke depannya, kedua pihak terus dapat bersinergi dalam melaksanakan pengawasan dan fungsi community protector, khususnya di wilayah Jayapura,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar