Kamis, 18 Agustus 2022
20 Muharram 1444

Bea Cukai Kembali Lakukan Sinergi Antarinstansi di Tiga Wilayah

Kamis, 04 Agu 2022 - 17:23 WIB
Bea Cukai
Dokumentasi Bea Cukai

Dalam mengoptimalkan kegiatan ekspor dan impor, Bea Cukai kembali lakukan kerja sama dengan para pemangku kepentingan di sejumlah wilayah. Kali ini, sinergi dilaksanakan oleh Bea Cukai Pantoloan, Ambon, dan Langsa.

Di Palu, Bea Cukai Pantoloan hadir dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tengah, pada Selasa (19/07/2022). Kegiatan ini dalam rangka mencocokkan dan menyamakan persepsi terkait data ekspor dan impor. Hal ini dilakukan karena masih ditemukan perbedaan data yang tercatat dalam sistem, seperti kuantitas aktivitas ekspor.

Muhammad Amaluddin, Plt. Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Pantoloan, mengungkapkan bahwa Bea Cukai Pantoloan siap mendukung rekonsiliasi data terkait ekspor dan impor.

Baca juga
Lindungi Industri Rumahan, Pemerintah Tetapkan Tarif Baru Rokok Kelembak Kemenyan

“Untuk kegiatan ekspor dan impor walaupun barang tersebut baru benar-benar diekspor dari pelabuhan lain contoh Tanjung Perak, tetapi ekspornya tercatat melalui Pelabuhan Pantoloan, Palu. Kami terbuka dan siap memberikan data terkait ekspor impor,” imbuhnya.

Sementara itu, di Ambon, Tim Dukung Ekspor Bea Cukai Ambon hadir memenuhi undangan rapat peningkatan ekspor perikanan yang diselenggarakan di ruang rapat PT Pelindo cabang Ambon, pada Senin (20/06/2022).

Rapat dipimpin oleh Ketua TGPP Maluku Hadi Basalamah dan dihadiri baik dari Instansi Pemerintah Pusat seperti BKIPM, Bank Indonesia, PT Pelindo, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meliputi Disperindag, Dinas Perikanan, Dinas Dinas Penanaman Modal PTSP, Dinas Koperasi UKM, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa serta pelaku usaha pelayaran serta eksportir di bidang Perikanan.

Baca juga
Lagi, Bea Cukai Gagalkan Peredaran Ratusan Ribu Rokok Ilegal

“Bea Cukai siap bersinergi dengan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten guna mempermudah pelaku usaha dalam melakukan ekspor. Hal ini juga sebagai komitmen Bea Cukai dalam memberikan pelayanan prima dalam mempercepat eskpor perikanan secara langsung dari Maluku,” ujar R. Teddy Laksmana, Kepala Bea Cukai Ambon.

Selanjutnya, Bea Cukai Langsa bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) kantor cabang Langsa I bersinergi membahas langkah kolaboratif terkait peluang pemanfaatan dana CSR (Corporate Social Responsibility) dari BSI untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pada Kamis (28/07/2022).

Selain itu, sinergi juga dilakukan Bea Cukai Langsa bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Aceh melalui kunjungan kerja pada Rabu (17/07/2022).

Baca juga
Perekonomian Terus Membaik, APBN Catatkan Kinerja Optimal

Bea Cukai berharap melalui kolaborasi dengan berbagai instansi ini mampu memberikan manfaat bagi pengguna jasa dan masyarakat. Sebagai industrial assistance dan trade facilitator, Bea Cukai berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan pengawasan agar proses ekspor dan impor berjalan optimal.

Tinggalkan Komentar