Minggu, 04 Desember 2022
10 Jumadil Awwal 1444

Bea Cukai Kenalkan Tugas dan Fungsi pada Mahasiswa di Tiga Wilayah

Senin, 26 Sep 2022 - 20:31 WIB
Bea Cukai
Dokumentasi Bea Cukai

Bea Cukai merupakan salah satu unit eselon I di bawah Kementerian Keuangan yang mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang kepabeanan dan cukai.

Bea Cukai memiliki empat fungsi penting, yaitu sebagai industrial assistance, trade facilitator, community protector, dan revenue collector. Bea Cukai juga beperan penting dalam menyebarluaskan keempat fungsi tersebut kepada masyarakat.

“Melalui unit kehumasan, Bea Cukai senantiasa menyosialisasikan tugas dan fungsi, serta mendiseminasikan peraturan di bidang kepabeanan dan cukai. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait kepabeanan dan cukai. Selain untuk mendekatkan diri, sosialisasi juga berperan penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penipuan mengatasnamakan Bea Cukai,” ujar Hatta Wardhana, Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Di Badung, Bea Cukai Ngurah Rai memberikan pembekalan ilmu pada 88 mahasiswa Bali Aviation and Tourism Center (BATC), pada Selasa (20/09/2022). Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Kepala Bea Cukai Ngurah Rai, Mira Puspita Dewi, yang berlangsung di aula lantai 3 Gedung Bea Cukai Ngurah Rai. Kegiatan ini merupakan salah satu program kuliah yang diadakan oleh BATC.

Baca juga
Bea Cukai Lakukan Patroli Gabungan untuk Tekan Peredaran Rokok Ilegal

“Terima kasih telah berkunjung ke Bea Cukai Ngurah Rai. Sedianya kami bermaksud mengajak adik-adik BATC ini langsung ke Bandara Ngurah Rai dan Kantor Pos Lalu Bea Denpasar untuk melihat langsung kegiatan kami dalam menjalankan visi dan misi Bea Cukai, tetapi mengingat prosedur masuk bandara dan keterbatasan waktu, untuk dapat mengenal Bea Cukai lebih dekat, kami berikan sosialisasi di aula ini,” ujar Mira.

Kegiatan dibuka dengan atraksi pelacakan oleh Tim K-9 atau unit anjing pelacak dari Kantor Wilayah Bea Cukai Bali dan Nusa Tenggara, kemudian dilanjutkan dengan atraksi kimia oleh Satuan Pelayanan Laboratorium Bea Cukai Ngurah Rai.

“Selain mengenal tugas dan fungsi Bea Cukai, saya berharap nanti adik-adik mahasiswa dapat menyimak dan membagikan informasi terkait penipuan, agar kita semua dapat terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai,” ujar Mira.

Baca juga
Bea Cukai Beri Asistensi dan Lakukan Lawatan Pabrik pada Pengguna jasa

Selanjutnya, dalam kegiatan bertajuk Customs goes to Campus, Bea Cukai Kotabaru menyelenggarakan sosialiasi pengenalan tugas dan fungsi Bea Cukai ke Politeknik Kotabaru, pada Rabu (21/09/2022).

Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kolaborasi antara Bea Cukai dengan perguruan tinggi guna mendiseminasikan peraturan terkait kepabeanan dan cukai. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjaring minat mahasiswa untuk melihat peluang karier di Kementerian Keuangan, khususnya di Bea Cukai.

“Selain pemaparan materi, mahasiswa yang hadir juga ditunjukkan atraksi kimia dari Tim Satuan Pelayanan Laboratorium Bea Cukai Kotabaru. Hal ini menunjukkan bahwa lingkup pekerjaan Bea Cukai begitu luas, tidak terbatas pada ilmu ekonomi saja. Satuan Pelayanan Laboratorium Bea Cukai sendiri berperan untuk melakukan pengujian barang yang mengandung bahan-bahan kimia,” jelas Hatta.

Baca juga
Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 30.911 Benih Lobster

Sementara itu, di Kediri, dalam kegiatan bertajuk Campus visit Customs, Bea Cukai Kediri menerima kunjungan dari Magistra Utama Kediri, pada Rabu (21/09/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu cara Bea Cukai Kediri untuk dapat lebih mengenalkan Bea Cukai Kepada masyarakat, dalam hal ini para mahasiswa. Melalui kegiatan Campus Visit Customs ini diharapkan mahasiswa dapat lebih mengenal tentang tugas dan fungsi Bea Cukai serta hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan kepabeanan dan cukai secara umum.

Tinggalkan Komentar