Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

Bea Cukai Komitmen Perkuat Integritas

Selasa, 31 Agu 2021 - 16:18 WIB
Bea Cukai Komitmen Perkuat Integritas - inilah.com

Integritas merupakan salah satu nilai Kementerian Keuangan yang terus diilhami dan dilaksanakan oleh seluruh insan Kementerian Keuangan. Sejalan dengan hal tersebut, sesuai amanat dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Bea Cukai nomor SE-5/BC/2021, Bea Cukai di berbagai daerah membentuk tim satuan tugas (Satgas) Penguatan Integritas hingga pelaksanaan pembinaan mental (Bintal) guna perkuat integritas para pegawai.

Bea Cukai Pasuruan melakukan rapat koordinasi dan monev rencana aksi Satgas Integritas secara daring yang diikuti oleh seluruh anggota tim yang berjumlah 38 orang. Kepala Seksi Kepatuhan Internal Bea Cukai Pasuruan, Mohamad Farid Bisri selaku Ketua Tim Satgas menyampaikan daftar rencana aksi yang telah disusun oleh tim yang telah dilaksanakan di lingkungan Kantor Bea Cukai Pasuruan.

“Ini menjadi langkah yang baik bagi Bea Cukai Pasuruan untuk menguatkan integritas bagi seluruh pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, tentu untuk mendukung Bea Cukai yang makin baik,” ungkap Farid.

Baca juga
Manfaatkan Fasilitas Kawasan Berikat, Dua Perusahaan di Yogyakarta Laksanakan Ekspor

Sementara itu di Riau, Bea Cukai Bengkalis melakukan rapat perdana Tim Satgas Penguatan Integritas Bea Cukai Bengkalis. Kepala Kantor Bea Cukai Bengkalis, Ony Ipmawan menjelaskan terkait tugas, rencana aksi, serta titik rawan integritas kepada seluruh anggota tim satgas.

“Tim Satgas Penguatan Integritas ini bertugas melaksanakan program penguatan integritas, yaitu dengan penertiban dan penegakan kepatuhan integritas pegawai yang bersifat konkret dan berkelanjutan. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja dan citra organisasi melalui penguatan integritas dan sikap dasar pegawai dalam kegiatan kedinasan maupun di luar kedinasan,” jelas Ony.

Selain itu, di Bandung, memanfaatkan momen Bulan Muharram, Bea Cukai Bandung mengadakan kegiatan Bintal sebagai peringatan tahun baru islam, pada Kamis (26/08). Pembinaan mental dilakukan dengan mengusung tema Tahun Baru Islam Sebagai Momentum Meningkatkan Integritas dan Kinerja Pegawai Bea Cukai. Kegiatan Bintal dilaksanakan secara daring yang terbuka untuk seluruh pegawai Bea Cukai.

Baca juga
Ini Langkah Bea Cukai untuk Cegah Peredaran Rokok Ilegal di Masyarakat

“Tidak hanya secara lahir, tapi kita harus menanamkan semangat integritas dari dalam hati. Melalui kegiatan Bintal dengan tema integritas ini, besar harapan kami pesannya dapat tersampaikan kemudian dapat menjadi bekal kita, seluruh pegawai Bea Cukai untuk bekerja dengan mengusung semangat integritas,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Bandung, Dwiyono Widodo dalam sambutannya. [adv]

Tinggalkan Komentar

×