Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Bea Cukai Luncurkan Dua Kapal Patroli Laut Baru

Selasa, 15 Nov 2022 - 17:20 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Bea Cukai
Foto: ist

Sebagai instansi pemerintah yang mengemban fungsi community protector, Bea Cukai berwenang dalam pelaksanaan kegiatan patroli laut dalam rangka pencegahan pelanggaran kepabeanan dan atau cukai, termasuk untuk mencari dan menemukan dugaan pelanggaran di seluruh perairan Indonesia serta tempat-tempat tertentu di zona ekonomi eksklusif dan landas kontinen. Untuk mendukung tugas pengawasan tersebut, instansi ini dilengkapi dengan sarana operasional berupa kapal patroli dan pada tanggal 9 November 2022 lalu, Bea Cukai mengadakan launching dan shipnaming dua kapal patroli baru.

“Melalui fungsi community protector, Bea Cukai berperan dalam menjaga masyarakat dari masuknya barang-barang ilegal. Memperkuat hal ini, Bea Cukai kembali menambah armada pengawasan laut dengan me-launching dua unit kapal patroli Bea Cukai hasil produksi PT Lundin Industry Invest yang diberikan nama kapal dan nomor lambung BC 11001 dan BC 11002,” ungkap Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani dalam acara yang digelar di Banyuwangi International Yacht Club, Pantai Boom Marina.

Baca juga
Dorong Peningkatan Ekspor UMKM, Bea Cukai Gandeng Bank di Indonesia

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas peresmian dua kapal patroli tersebut, “Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga pengadaan dua unit kapal patroli Bea Cukai tersebut dapat sukses terlaksana dan menghasilkan output sesuai harapan. Peresmian kapal patroli BC 11001 dan BC 11002 itu merupakan langkah awal untuk meningkatkan kualitas fungsi pengawasan Bea Cukai sehingga mampu memberantas para pelanggar hukum di bidang kepabeanan dan cukai, terutama di perairan nusantara.”

Dalam acara itu, Askolani beserta jajaran juga berkesempatan melaksanakan sea trial di Perairan Banyuwangi untuk menguji kecepatan dan kualitas kapal patroli. “Dengan telah diresmikannya dua unit kapal patroli Bea Cukai semoga dapat memperkuat fungsi armada kapal patroli dalam melaksanakan fungsi pengawasan Bea Cukai di wilayah perairan Indonesia demi Bea Cukai Makin Baik!” pungkas Askolani.

Tinggalkan Komentar