Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Bea Cukai Semarang Fasilitasi Ekspor Produk Boga Bahari ke Amerika

Rabu, 31 Agu 2022 - 18:41 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Bea Cukai Semarang Fasilitasi Ekspor Produk Boga Bahari ke Amerika
Bea Cukai Semarang Fasilitasi Ekspor Produk Boga Bahari ke Amerika

Ekspor masih menjadi salah satu komponen penopang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Kinerja ekspor juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2021 di bulan yang sama.

Bea Cukai mencatat sampai dengan Juli 2022, penerimaan bea keluar secara akumulasi tumbuh sebesar 97,84 persen, sedangkan secara bulanan tumbuh sebesar 206,4 persen dibandingkan Juli 2021. Kinerja positif ekspor secara nasional ini tak terlepas dari dukungan kinerja ekspor yang terdapat pada unit vertikal Bea Cukai.

Kali ini, PT Morenzo Abadi Perkasa Tbk di bawah pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Semarang berhasil melaksanakan ekspor perdana setelah ditetapkan sebagai penerima fasilitas kawasan berikat. Perusahaan ini bergerak di bidang usaha pengolahan distribusi hasil perikanan berupa rajungan dan makanan laut beku.

Baca juga
Bea Cukai Ringkus Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal di Tiga Lokasi Berbeda

Nurhaeni Hidayah, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Semarang, mengungkapkan bahwa PT Morenzo Abadi Perkasa Tbk ditetapkan sebagai perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat pada Kamis, 30 Juni 2022. Kemudian, pada Senin (22/8/2022), PT Morenzo Abadi Perkasa Tbk berhasil melaksanakan ekspor perdana berupa olahan makanan yang berasal dari kepiting sebanyak kurang lebih 17,7 ton dengan tujuan ekspor Amerika Serikat. Dalam mengolah produk, perusahaan juga bekerja sama dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) maupun nelayan yang ada di Kabupaten Demak hingga lintas provinsi Jawa Tengah.

“Sebelum ditetapkan sebagai perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat, PT Morenzo Abadi Perkasa Tbk sudah pernah melakukan ekspor ke berbagai negara di antaranya Amerika Serikat, Eropa, Hongkong, Australia, Singapura, dan Korea Selatan,” ujar Nurhaeni.

Baca juga
Bea Cukai Ringkus Lebih Dari 1,6 Juta Batang Rokok Ilegal di Kediri dan Jepara

Bea Cukai Semarang berkomitmen akan terus mengasistensi dan mengawasi perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat dalam hal ekspor guna menjalankan tugas dan fungsi Bea Cukai di bidang industrial assistance dan trade fasilitator demi mendukung agar produk Indonesia dapat bersaing di kancah Internasional.

Tinggalkan Komentar