Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Beda Pandangan Dua Menteri Soal Renovasi Stadion GBK, Tweeps Percaya Basuki

Senin, 28 Nov 2022 - 22:52 WIB
Silaturahmi nasional dengan tema "Nusantara Bersatu" digelar oleh gabungan Relawan Jokowi dari berbagai elemen menggelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26-11-2022). (Foto: inilah.com/Diana Rizky)
Silaturahmi nasional dengan tema "Nusantara Bersatu" digelar oleh gabungan Relawan Jokowi dari berbagai elemen menggelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022). (Foto: inilah.com/Diana Rizky)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali beralasan, diizinkannya gelaran acara Musyawarah Rakyat (Musra) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), karena renovasi belum dimulai. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyar (PUPR) Basuki Hadimuljono beri bantahan.

Perhelatan Musra berbuntut panjang hingga mengundang dua pandangan berbeda antara Menpora dan Menteri PUPR. Pasalnya, Menpora Amali dinilai beberapa kalangan pilih kasih.

Beberapa waktu lalu, Amali sempat melarang penggunaan GBK untuk sejumlah kegiatan, termasuk konser musik, hingga perhelatan Piala Dunia U-20 terlaksana.

Namun larangan itu tidak berlaku bagi relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Amali pun mencoba meluruskan. Alasannya memberi izin karena proses renovasi belum dimulai.

Baca juga
Menpora Lolos Syarat 'Pernah Jadi Pengurus', Sejak 2004 Urus Sepak Bola Gorontalo

“Yang kemarin kan PU-nya belum masuk, belum mulai. Jadi ukurannya itu saja, dan GBK berkomunikasi dengan FIFA. FIFA sampaikan pokoknya kalau sudah masuk renovasi, sudah nggak boleh lagi. (Jadi) Tunggu PU masuk awal Desember,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (28/11/2022).

Bertolak belakang, Menteri PUPR Basuki menegaskan bahwa tidak ada renovasi, ia menyebut pemerintah tidak pernah berencana merenovasi Stadion GBK.

Adapun rencana renovasi Stadion untuk gelaran U-20, kata Basuki, dilakukan terhadap beberapa stadion yang berada di luar Jakarta. Seperti, Stadion Kapten I Wayan Dipta. Dia menduga, Amali salah mengira soal renovasi GBK.

“Yang untuk stadion lainnya, bukan GBK. Enggak, enggak ada programnya kalau untuk U-20 loh ya. Keliru bapak (Menpora) mungkin dengarnya keliru,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2022).

Baca juga
Beredar Video Lawas Benny Rhamdani, Pertontonkan Narasi Negatif dan Sebut Gerombolan Politik Berjubah

Perbedaan pandangan kedua menteri ini pun jadi perbincangan hangat di jagat Twitter. Akun @cescfaiz4 mengaku lebih mempercayai penjelasn Menteri Basuki ketimbang Menpora. “Lebih percaya Pak Basuki,” cuitnya.

Akun @OniDewono merasa heran kenapa bisa ada silang pandangan antara kedua menteri padahal mereka bekerja dalam satu kabinet. Dia pun merasa bingung harus mempercayai ucapan siapa. “Lha terus kemarin ada yang bilang bakalan direnovasi? Jadi yang bener siapa?” ucapnya.

Sementara akun @cedricbuldan mengatakan renovasi sesungguhnya malah akan dilakukan setelah gelaran Musra berlangsung. “Ada nih pak pemeliharaan besar. Kemarin dipakai acara yang bukan olahraga, harus dibenerin lagi dong,” sindirnya.

Baca juga
Merespons Jokowi Soal Pemimpin Ideal, Ridwan Kamil Tampil dengan Rambut Putih

Untuk diketahui, relawan Jokowi menggelar acara Nusantara Bersatu di Stadion GBK pada Sabtu (26/11) lalu. Acara ini juga dihadiri Jokowi. Acara ini menuai kritik dari sejumlah pihak.

Tinggalkan Komentar