Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Begini Cara UNM Bikin Mahasiswa Siap Bersaing di Dunia Industri

Kamis, 08 Sep 2022 - 17:47 WIB
Penulis : Ahmad Munjin
Begini Cara UNM Bikin Mahasiswa Siap Bersaing di Dunia Industri - inilah.com
(Foto: Humas UNM)

Universitas Nusa Mandiri mempunyai cara tersendiri agar mahasiswanya dapat bersaing di dunia industri setelah lulus kelak. Salah satunya melalui Nusa Mandiri Career Center atau NCC.

Hal itu terungkap dalam semarak menyambut kedatangan mahasiswa baru alias Maba di UNM. Kampus digital bisnis ini sukses menyelenggarakan Masa Orientasi Kampus (MOKA) dengan mengusung tema Ignite Your Creativity.

Kegiatan ini dilaksanakan di Nusa Mandiri Tower Jatiwaringin, Rabu (7/9/2022). “Maba tidak perlu khawatir, karena kuliah di UNM banyak lembaga pendukung yang akan membantu karir mahasiswa. Salah satunya Nusa Mandiri Career Center (NCC), nantinya mahasiswa akan dibekali berbagai skill untuk siap bersaing di dunia industri,” kata Siti Masturoh dari Bidang II Non Akademik UNM saat menjelaskan berbagai prestasi dan organisasi kegiatan mahasiswa.

Baca juga
BKK sebagai Penyaluran Lulusan SMK ke Dunia Usaha dan Industri

Sementara Rektor Universitas Nusa Mandiri, Prof Dr Dwiza Riana dalam sambutannya mengatakan, Moka menjadi momentum untuk menyiapkan dan memperkenalkan Maba sebagai proses transisi yang menjadi mahasiswa dewasa dan mandiri.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mempercepat proses adaptasi maba dengan lingkungan kampus UNM, dan memberikan bekal keberhasilannya menempuh pendidikan baru di perguruan tinggi. Pelaksanaan kegiatan diharapkan menjadi wahana untuk menanamkan 5 program gerakan nasional, yaitu Indonesia Bersih, Indonesia Melayani, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu,” ungkap Dwiza dalam siaran zoom.

Ia menambahkan, melalui Moka ini mahasiswa kelak akan menjadi alumni UNM yang memiliki kedalaman ilmu, kelenturan akhlak, cinta tanah air dan mampu berdaya saing secara global. Tujuan dan hasil yang diharapkan adalah memberikan bekal pada Maba agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, sehingga mengenal sistem pendidikan di perguruan tinggi.

Baca juga
Tingkatkan Kualitas, SMK Maarif 1 Kebumen dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Hasilkan Lulusan Terserap Dunia Industri

“Ada beberapa poin yang kita harapkan yaitu menanamkan kesadaran berbangsa, bela negara, serta kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Bhinneka Tunggal Ika. Kemudian mengenalkan sistem pengajaran dan kehidupan civitas akademika,” imbuhnya.

Hadir pula sebagai narasumber, Nova Yudha Andriansyah selaku dosen Perhotelan. Ia menjelaskan skema perkuliahan di UNM, mulai dari sistem perkuliahan, presensi, ujian hingga pelaksanaan wisuda.

Tinggalkan Komentar