Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Begini Suasana Kediaman Erina Calon Menantu Jokowi H-3 Sebelum Pernikahan

Kamis, 08 Des 2022 - 08:09 WIB
Rumah Erina Gudono
Pekerja terlihat sibuk mempersiapkan perlengkapan untuk prosesi pernikahan di kediaman rumah Erina Gudono di daerah Sleman, DIY, Rabu (7/12/2022). (Foto: Inilah.com/ Ridwan Anshori)

Menjelang H-3 pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, rumah Erina tampak megah. Kediaman calon menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Dusun Purwosari, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini, mulai Rabu (7/12/2022) sudah dipasangi tenda putih yang besar.

Sebelumnya terlihat hanya empat rumah di sekitar rumah Erina yang dipasangi tenda. Namun kini tenda itu sudah berdiri hampir setengah rumah warga RT 03 RW 59.

Tenda itu tidak lagi memanjang di sepanjang depan jalan rumah Erina, namun juga ruas jalan dari pertigaan ke barat hingga dekat masjid setempat. Jadi tenda yang didirikan ini membentuk leter L dengan ukuran besar.

Menurut Wahyu, warga sekitar rumah Erina, pemasangan tenda-tenda tersebut sebelumnya sudah disosialisasikan kepada warga. Warga tidak keberatan dengan pemasangan tenda yang hampir menyelimuti setengah luas RT ini. “Sudah disosialisasikan, warga juga tidak merasa terganggu, kan juga tidak setiap hari,” ujar Wahyu saat ditemui Inilah.com di dekat rumah Erina, Rabu (7/12/2022).

Baca juga
Foto: Nelangsa Italia di Piala Dunia

Ratna, tante Erina mengungkapkan, persiapan untuk rangkaian acara di rumah Erina sudah beres. “Pihak keluarga tentunya juga datang semua untuk membantu,” ucapnya.

Adapun rangkaian prosesi pernikahan di kediaman Erina dimulai Kamis (8/12/2022). Pada pukul 12.00 WIB akan digelar semaan Alquran di depan rumah Erina. Kemudian dilanjutkan dengan pengajian mulai pukul 15.00 WIB.

Keesokan harinya atau Jumat (9/12/2022) bakal berlangsung tradisi siraman pada pukul 09.00 WIB. Kemudian upacara pemasangan bleketepe tuwuhan. Sedangkan pada malam harinya digelar midodareni yang dihadiri Presiden Jokowi.

kemudian pada Sabtu (10/12/2022) akan dilangsungkan akad nikah yang digelar di Pendopo Royal Ambarrukmo Sleman Yogyakarta. Lalu pada Minggu (11/12/2022) digelar ngunduh mantu di Solo, Jawa Tengah.

Sementara itu hingga Rabu terlihat para pekerja masih sibuk menghias rumah Erina dan sekitarnya. Tampak pekerja juga sedang memasang wastafel untuk cuci tangan dan hand sanitizer di jalan akses masuk. Pekerja lain juga mengatur beberapa CCTV. Rencananya ada 10 CCTV yang dipasang di sekitar lokasi.

Baca juga
Yaya Mulyana Jabat Plt Wali Kota Bandung
pernikahan Kaesang Erina
Pekerja tampak sedang mempersiapkan ornamen untuk dapur buatan di garasi rumah Erina Gudono untuk tradisi cethik geni dan adang pisanan di daerah Sleman, DIY, Rabu (7/12/2022). (Foto: Inilah.com/ Ridwan Anshori)

Tradisi Cethik Geni Berkonsep Dapur Kuno Khas Jawa

Ada juga beberapa pekerja tampak merias ruang garasi rumah Erina. Tempat tersebut digunakan untuk membuat dapur buatan untuk tradisi Cethik Geni dan Adang Pisanan. Garasi itu dirias sedemikian rupa, ada papan bambu, rumbai kelapa hingga gejog lesung.

Anjas dari Larasari Dekorasi mengatakan, dapur buatan itu untuk melaksanakan tradisi Cethik Geni dan Adang Pisanan. Dapur buatan nanti konsepnya dapur-dapur kuno khas Jawa. “Ada perangkat kuningan, kayu-kayu untuk cethik geni atau menyalakan api,” katanya.

Menurut dia, dalam tradisi Jawa, Adang Pisanan atau yang berarti masak pertama menjadi tradisi yang harus dilakukan orang tua atau wakil Erina. Tradisi ini dilakukan karena merupakan pernikahan pertama bagi keluarga Erina.

Baca juga
Gaduh Akibat Genderang Penundaan Pemilu Kembali Ditabuh

Ada makna dalam tradisi ini. Menyalakan api dan masak pertama oleh orang tua sebagai simbol, pemilik rumah sedang melaksanakan prosesi pernikahan. “Orang tua Erina akan menyalakan api dalam tungku untuk memasak, yang dimasak hanya beras menjadi nasi,” ungkapnya.

Anjas menuturkan, tradisi Cethik Geni dan Adang Pisanan ini digelar sebelum tradisi Siraman. “Jadi, perwakilan keluarga akan berkumpul di dapur buatan itu dulu sebelum Siraman,” ujar dia. (Ridwan Anshori/ Yogyakarta)

Tinggalkan Komentar