Belajar dari Kasus Hanna Kirana, Ini 5 Tips Hindari Gagal Jantung

Belajar dari Kasus Hanna Kirana, Ini 5 Tips Hindari Gagal Jantung - inilah.com
istimewa

Aktris sinetron Hanna Kirana meninggal di usia muda, 18 tahun karena gagal jantung.

Gagal jantung adalah kondisi saat jantung tidak cukup memompa darah ke seluruh tubuh sehingga jantung tidak bisa mengirim cukup oksigen dan nutrisi supaya tubuh bisa berfungsi dengan normal.

Ada beberapa penyebab gagal jantung yaitu penyakit arteri koroner, hipertensi, gangguan katup jantung, penyakit infeksi, diabetes, gangguan irama jantung, gangguan hipertiroid, ataupun anemia.

Agar terhindari dari penyakit gagal jantung, ada beberapa tips yang bisa disimak.

1. Kontrol tekanan darah

Tekanan darah yang baik adalah kurang dari <140/85 mmHg. Jika memiliki penyakit diabetes harus <130/80 mmHg.

Baca juga  Waspada dan Cermat dalam Menemukan Praktik Penipuan Online

“Tekanan darah tinggi dapat membahayakan lapisan arteri sehingga bisa menimbulkan stroke, gangguan ginjal, atau penyakit jantung lanjutan,” tulis Siti Hanifah Rahmawati Fauziah, S.Kp, Ners dan Nyinyi Rubaiah, S.Kep., M.Kep, pada jurnal yang dikutip dilaman pjnhk.go.id, Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Jakarta, Rabu, (03/11/2021).

2. Konsumsi makanan diet jantung

Anda bisa mengkonsumsi banyak buah dan sayuran, daging dan ikan tanpa lemak, mengurangi garam. Maksimal konsumsi 1 sendok teh garam atau sekitar 2000 mg natrium, dan mengurangi lemak jenuh.

3. Berhenti merokok dan minuman alkohol

Hal ini dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada paru-paru dan tekanan darah tinggi. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, dan membantu tidur lebih nyenyak.

Baca juga  Manfaatkan Kemudahan Teknologi untuk Biaya Pendidikan

Kemudian bisa juga memperbaikin sirkulasi darah dan oksigen, dan menjaga keseimbangan cairan agar mengurai bengkak pada kaki dan perut.

4. Olahraga teratur

Sesuai dengan kemampuan, bisa melakukan olahraga santai dengan 30 menit sebanyak enam kali dalam seminggu. Dianjurkan segera istirahat jika timbul kelelahan, sesak, dan capek.

5. Minum obat secara teratur

Jika sudah disarankan dokter mengkonsumsi obat teratur, pastikan rutin mengkonsumsi obat tersebut.

Tinggalkan Komentar