Belajar dari Kecelakaan Vanessa, Penting Gunakan Car Seat Saat Bawa Anak Pergi Naik Mobil

Belajar dari Kecelakaan Vanessa, Penting Gunakan Car Seat Saat Bawa Anak Pergi Naik Mobil  - inilah.com
istimewa

Kecelakaan tunggal mengakibatkan pasangan selebritis Vanessa Angel dan Bibi Adriansyah meninggal dunia di Tol Jombang KM 672.

Mobil yang ditumpangi Vanessa melaju kencang dan menabrak beton di sebelah kiri. Pada mobil tersebut terdapat lima orang penumpang yaitu, Vanessa, Bibi, Gala (anak Vanessa), sopir, dan seorang pengasuhnya.

Menurut video singkat yang ditampilkan di instastory Vanessa, Gala tidak menggunakan car seat dan hanya dipangku seseorang di samping Vanessa. Padahal, Vanessa hendak melakukan perjalanan jauh dari Jakarta ke Surabaya.

Belajar dari kejadian tersebut, penting bagi orangtua menyiapkan car seat untuk buah hatinya yang ingin dibawa bepergian saat menggunakan mobil.

Baca juga  Ini Rekomendasi IDAI untuk Vaksin COVID-19 pada Anak Usia 6-11 Tahun

Car seat direkomendasikan karena dapat memberi jaminan keamanan untuk si kecil ketika berada di dalam kendaraan.

Selain menjaga keselamatan anak, car seat juga berguna untuk melatih si kecil duduk tenang di dalam mobil, sehingga tidak mengganggu konsentrasi pengemudi.

Seperti yang Anda ketahui, anak-anak cenderung tidak bisa duduk diam saat berada di dalam mobil.

Tak hanya melindungi anak, car seat juga memastikan keselamatan seluruh penumpang di dalam mobil. 

“Demi keselamatan si kecil, sangat penting bagi orangtua untuk memilih car seat yang sesuai dengan usia mereka,” kata dr. Rosary, Sp. A, Dokter Spesialis Anak dari RS Pondok Indah dikutip dari laman Mothercare, Jakarta, Jumat, (05/11/2021).

Baca juga  Sebelum Kecelakaan, Vanessa Angel Sempat Rekam Video Singkat di Dalam Mobil

Dia menambahkan, hal yang paling penting adalah car seat dapat melindungi bagian tubuh sang anak.

“Terutama dalam memilih car seat dengan rangka yang kuat sehingga dapat menahan gaya akibat tabrakan dan melindungi bagian tubuh yang rentan seperti bagian kepala, leher, dan tulang belakang,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar