Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Belajar Silat di Bandung, Bule Prancis Ganti Nama dari Isaac jadi Asep

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:10 WIB
asep jack
Mahasiswa asal Prancis yang mengganti namanya dari Isaac Jack menjadi Asep Jack

Seorang warga negara Prancis memilih untuk mengganti namanya menjadi Asep setelah menekuni pencak silat di Bandung, Jawa Barat.

Pria yang sebelumnya memiliki nama Isaac Jack (25) itu diganti menjadi Asep Jack. Penggantian nama pun dilakukan melalui proses pengistrenan yang digelar Paguyuban Asep Dunia (PAD) di Graha Wirakarya Jalan Raya Laswi No.742B, Ciparay Kabupaten Bandung.

“Saya datang dari Prancis untuk belajar ilmu bela diri pencak silat di HPS Panglipur. Sudah satu bulan saya di Indonesia, tepatnya di Bandung dan Lembang,” kata Asep Jack.

Dirinya mengaku bangga memiliki nama Asep, terlebih lagi setelah mengetahui arti dari nama tersebut berdasarkan bahasa Sunda yakni ‘kasep’ atau tampan.

Baca juga
Jabat Wali Kota Bandung, Yana Mulyana Dititipi 3 Hal oleh Ridwan Kamil

Menanggapi hal ini, Presiden PAD, Asep Ruslan menjelaskan penggantian nama Isaac Jack menjadi Asep Jack adalah keinginan dari warga Prancis sendiri. Tidak ada unsur paksaan atau iming-iming apapun.

Dalam bahasa sansekerta, Asep berarti ‘dupa wangi’, sementara dalam bahasa Indonesia Asep berarti ‘spiritual, mistik, atau kepercayaan pada roh’.

Jika disatukan antara bahasa Sunda, sansekerta dengan bahasa Indonesia nama Asep memiliki makna, ‘Memiliki paras dan sikap yang rupawan dalam hidupnya, semakna dengan aura positif yang dikeluarkan oleh dupa wangi yang memberi kesan selalu ingin mewangikan lingkungan sekitarnya’.

“Ini menjadi bukti bahwa nama Asep tidaklah jadul, kampungan atau kuno, melainkan sarat akan makna dan nilai,” ujar Asep Ruslan.

Baca juga
Tiba di Bandung, Ridwan Kamil Minta Diberi Ruang

Hal ini juga memantik komentar dari Bupati Bandung, Dadang Supriatna yang berharap kepada mahasiswa Manajemen Marketing dan Sport asal Prancis itu lebih mencintai Kabupaten Bandung.

“Saya ucapkan Selamat Kepada Mang Asep Jack. Semoga namanya berkah dan semakin ‘Nya’ah’ ke Kabupaten Bandung,” tulisnya di akun Instagram.

Tinggalkan Komentar