Beli Lukisan Rp6 Triliun tapi Palsu?

256822050 585289189352059 5575020245198807106 N - inilah.com
Lukisan Salvatore Mundi

Lukisan termahal di dunia, Salvatore Mundi, yang dijual seharga USD450 juta (sekira Rp6,3 triliun) pada Pangeran Arab diduga palsu. Lukisan tersebut telah diturunkan peringkatnya oleh museum yang mengklaim Leonardo da Vinci hanya ‘mengawasi’ karya tersebut.

Salvator Mundi diyakini sebagai karya asli Da Vinci yang telah lama hilang dan telah diverifikasi oleh banyak pakar di seluruh dunia. Dipasarkan sebagai karya da Vinci yang telah lama hilang dan “Monalisa laki-laki” oleh Christie’s, dijual dan memecahkan rekor pada tahun 2017 yang diduga kepada putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Menurut The Art Newspaper, penurunan peringkat Museum Prado, museum seni nasional utama Spanyol yang terletak di pusat Madrid mengatakan bahwa lukisan itu hanya ‘dikaitkan, disahkan oleh, atau diawasi oleh’ sang master sendiri.

Baca juga  Spek Tinggi Desain Kece, Ponsel Ini Tengah Dicari Milenial

“Ada saat-saat ketika Leonardo merasa sulit untuk melukis karena perfeksionisme dan banyak pekerjaan lain dan murid-muridnya melakukan tugas untuknya,” katanya.

Lukisan dibagi menjadi dua kategori: “oleh Leonardo” dan “karya yang dikaitkan atau disahkan dan diawasi oleh Leonardo”, dengan Salvator Mundi sekarang berada di kategori yang terakhir. Lukisan potret yang menggambarkan Kristus sebagai Juru Selamat Dunia itu dan kadang-kadang disebut Salvator Mundi Teluk, berasal dari sekitar tahun 1500.

Bahkan jauh sebelumnya, pada tahun 2011, saat lukisan ini dipamerkan di Galeri Nasional London, muncul kecurigaan diajukan oleh kurator seni dan sejarawan Vincent Delieuvin yang mengklaim bagian-bagian dari Mundi “berkualitas sangat buruk”.

Baca juga  Korut Serem, Urusan Jaket Sampai Film Bisa Dihukum Mati

Karya itu kemudian dijual ke oligarki Rusia pada 2013 dengan harga USD127 juta (sekira Rp1,8 triliun) sebelum dijual pada 2017 di Christie’s di New York kepada seorang pangeran Saudi, menjadi karya seni termahal yang pernah dijual di lelang publik. Keberadaan lukisan itu saat ini tetap menjadi misteri, tetapi rumor menunjukkan bahwa itu disembunyikan di suatu tempat di Arab Saudi. Isu lain mengklaim Salvatore Mundi disimpan di superyacht milik Mohammed bin Salman, yang merupakan adalah salah satu superyacht terbesar di dunia.

Tinggalkan Komentar