Jumat, 19 Agustus 2022
21 Muharram 1444

Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Diuji Coba di 5 Provinsi

Selasa, 28 Jun 2022 - 15:22 WIB
Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Diuji Coba di 5 Provinsi
Beli BBM subsidi di SPBU pakai aplikasi MyPertamina.

Mulai 1 Juli nanti, beli Pertalite atau Solar harus menunjukan aplikasi MyPertamina. Aturan anyar ini akan diuji-coba di sejumlah kabupaten dan kota di 5 provinsi.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) Alfian Nasution menerangkan, uji coba penyaluran BBM subsidi yakni Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina, dilakukan di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi.

“Kelima provinsi itu yakni Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta,” papar Alfian, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Dia menerangkan, penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, merupakan salah satu amanah yang diemban Pertamina Patra Niaga. Diatur dalam Peraturan Presiden No. 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas No. 4/2020.

“Sebagai badan usaha yang menjual Pertalite dan Solar, kami harus patuh, tepat sasaran dan tepat kuota dalam menyalurkan BBM yang disubsidi pemerintah,” jelas Alfian.

Baca juga
Harga Gas LPG Non-Subsidi Naik Lagi, Nyaris Tembus Rp 200 Ribu

Diakui, penyaluran BBM bersubsidi masih terjadi salah sasaran. Konsumen yang tidak berhak mengonsumsi Pertalite atau Solar, bisa leluasa membeli di SPBU. Untuk memastikan bisa tepat sasaran, maka Pertamina Patra Niaga berinisiatif dan berinovasi melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina.

“Kami menyiapkan website MyPertamina yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022. Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini,” paparnya.

“Untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar. Sistem MyPertamina ini akan membantu kami dalam mencocokan data pengguna,” lanjut Alfian.

Baca juga
Foto: Harga LPG Non-Subsidi Naik

Apabila tak memiliki aplikasi MyPertamina, tak perlu khawatir. Pendaftaran bisa dilakukan di website MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/. Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitas, akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan.

Selanjutnya, pengguna terdaftar akan mendapatkan QR Code khusus yang menunjukan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar.

“Yang terpenting adalah memastikan menjadi pengguna terdaftar di website MyPertamina, jika seluruh data sudah cocok maka konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital. Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar,” terangnya.

Tinggalkan Komentar