Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

BEM SI Gabung Demo Geruduk DPR, Disambut Lagu Ciptaan Fajar Merah

Selasa, 27 Sep 2022 - 16:35 WIB
Img 4792 - inilah.com
Massa dari aliansi BEM SI bergabung dengan massa elemen buruh, petani, dan nelayan berdemo di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2022). (Foto: Inilah.com/Dea Hardianingsih).

Massa dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM) SI ikut berdemo di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2022). Sebuah lagu pun menggema saat pedemo dari Aliansi BEM SI tiba dan bergabung dengan massa buruh hingga nelayan yang lebih dahulu menggelar aksi.

Pantauan Inilah.com, ratusan mahasiswa dari BEM SI itu menggunakan jaket almamater dari sejumlah kampus. Kedatangan para mahasiswa ini kemudian disambut meriah massa buruh, petani, dan nelayan.

“Selamat datang, adik-adik mahasiswa,” kata salah seorang peserta demo mewakili elemen buruh.

Tak lama setelah bergabung dalam barisan, sebuah lagu ciptaan Fajar Merah berjudul Kebenaran Akan Terus Hidup menggema di tengah demo.

Baca juga
Gelombang Massa BEM SI Tiba di Kawasan Patung Kuda

“Aku akan tetap ada dan berlipat ganda,” demikian penggalan lirik lagu tersebut.

Fajar Merah sendiri merupakan anak dari penyair dan aktivis HAM, Wiji Thukul. Keberadaan Wiji Thukul tak diketahui sejak tahun 1998.

Diketahui, massa dari buruh, nelayan, hingga petani kembali turun ke jalan untuk berunjuk rasa. Massa yang berasal dari wilayah Jawa Barat, Banten, hingga Lampung itu tiba di depan Gedung DPR RI sejak pukul 10.00 WIB.

Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos antara lain menyoroti kebijakan pemerintah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT). Bantuan ini dinilai hanya “pemanis” pascakenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Baca juga
Unjuk Rasa di Tengah Jalan, Aksi BEM SI Bentrok dengan Polisi

“Kami menyampaikan bahwa BLT itu hanya pemanis. Itu bukan solusi menyelesaikan persoalan rakyat. Tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan rakyat,” ujar Nining.

Tinggalkan Komentar