Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Gunakan Berbagai Metode, Pencarian Putra Ridwan Kamil tak Dibatasi Waktu

Sabtu, 28 Mei 2022 - 19:51 WIB
Penulis : Aria Triyudha
0527 095500 2dd5 Inilah.com  - inilah.com
Ridwan Kamil bersama putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz. Foto: Instagram @ataliapr

Upaya pencarian putra Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz tidak dibatasi waktu. Hal ini terungkap setelah Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad berkoordinasi  dengan Tim SAR dan polisi sungai setempat.

“Sebetulnya tidak ada batas waktu maksimum kapan pencarian ini akan dihentikan. Karena ketika kemarin kami bertemu dengan Tim SAR dan polisi sungai mereka mengatakan ‘adalah menjadi tugas kami untuk memastikan keamanan sungai ini’,” kata Muliaman dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (28/5/2022).

Emmeril Khan Mumtadz atau akrab disapa Eril hilang ketika berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis pagi (26/5/2022) waktu Swiss.

Baca juga
Adik Ridwan Kamil Gantikan Sang Kakak Pantau Pencarian Eril di Swiss

“Tim SAR menegaskan bahwa upaya pencarian Saudara Eril merupakan prioritas mereka saat ini. Mereka masih terus mengupayakan proses pencarian dengan menggunakan berbagai macam metode yang tersedia,” terang Muliaman.

Meski begitu, otoritas  Swiss menyatakan tiga hari pertama menjadi waktu yang sangat krusial dalam pencarian. Kendati pada sebagian besar kasus yang terjadi sebelumnya, korban baru bisa ditemukan setelah tiga minggu dinyatakan hilang.

“Mayoritas kejadian serupa pada tahun-tahun sebelumnya itu 99,9 persen (kemungkinan) ditemukan dalam tiga minggu. Itu menurut pengalaman polisi air yang puluhan tahun menjaga sungai ini,” terang Muliaman.

Ia menyebutkan, ada 15-20 kasus orang hilang ketika berenang di Sungai Aare per tahun.

Baca juga
Ibunda Eril Tulis Pesan: Ril..Mama Pulang Dulu ya

Muliaman memastikan, KBRI Bern akan terus berkoordinasi intensif dengan otoritas setempat terkait upaya pencarian Eril.

Terseret Arus Saat Hendak Naik ke Permukaan

Eril bersama keluarga berada di Swiss guna mencari sekolah melanjutkan ke jenjang Strata 2 (S2)

Kemudian, Eril dilaporkan hilang terseret arus ketika berenang di Sungai Aare pada Kamis (26/5/2022). Tepatnya sekitar pukul 09.40 pagi waktu Swiss atau pukul 14.40 WIB.

Kejadian bermula saat pemuda berusia 23 tahun itu berusaha naik ke permukaan. Eril yang berenang bersama adik dan kawannya terseret arus sungai yang cukup deras. Ia selanjutnya hilang dan belum ditemukan.

Baca juga
Kang Emil: Kehilangan Eril Sungguh Dahsyat, tapi Kami Merasa Dilimpahi Kasih yang Akbar

Upaya pencarian itu segera berlangsung sesaat setelah kejadian melibatkan polisi, polisi medis, polisi sungai, dan pemadam kebakaran.

Namun, pencarian belum membuahkan hasil. Tim SAR setempat melanjutkan pencarian di area 8 kilometer sekitar sungai Aare dengan menggunakan drone dan perahu. Selain itu,  mengerahkan penyelam profesional.

 

Tinggalkan Komentar