Minggu, 29 Januari 2023
07 Rajab 1444

Beredar Kabar KPK Geledah Rumah Ketua DPRD DKI, Ini Penjelasan Fraksi PDIP

Jumat, 20 Jan 2023 - 11:56 WIB
Soal Formula E 2023, Ketua DPRD DKI: Tidak Boleh Pakai APBD
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi Menolak Pengunaan APBD untuk penyelenggaraan Formula E 2023 (Inilah.com/Clara Ana)

Beredar kabar di grup WhatsApp awak media, mengenai adanya aksi penggeledahan rumah Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat pagi (20/1/2023).

Ketika dikonfirmasi, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono, mengaku tidak tahu soal adanya penggeledahan di rumah Prasetyo oleh lembaga antirasuah.

Menurutnya ia belum mendapatkan kabar atau informasi apapun mengenai hal ini. “Belum mas, saya belum dapat informasi. Saat ini saya posisi di gedung DPRD, enggak ada informasi soal itu,” ujarnya singkat kepada inilah.com, Jumat (20/1/2023).

Sebelum mencuatnya kabar ini, KPK telah melakukan penggeledahan di ruang kerja Prasetyo. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya pada Rabu (18/1/2023) mengatakan setidaknya ada enam ruangan di DPRD DKI yang digeledah yakni ruang kerja di lantai 10, 8, 6, 4, 2 dan staf komisi C DPRD DKI Jakarta.

Baca juga
Foto: Pembelian Minyak Goreng Curah Rakyat dengan Aplikasi PeduliLindungi

“Dari penggeledahan ini Tim Penyidik menemukan berbagai dokumen dan alat bukti elektronik yang di antaranya diduga terkait proses pembahasan dan persetujuan penyertaan modal pada Perumda SJ di DPRD DKI Jakarta yang kemudian dipergunakan untuk pengadaan tanah di Pulo Gebang Jakarta,” tutur Ali Fikri.

Selain itu KPK juga sudah menjadwalkan pemanggilan Prasetyo untuk dimintai keterangan lebih lanjut soal kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang, Jakarta Timur.

Sementara itu, Prasetyo mengatakan mendukung proses penyelidikan KPK yang menggeledah DPRD DKI terkait kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulogebang. “Sebagai Ketua DPRD saya mendukung sepenuhnya proses penyelidikan yang dilakukan KPK,” kata Pras melalui keterangan tertulis, Selasa (17/1/2023).

Tinggalkan Komentar