Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Beredar Surat Penyelidikan KPK Soal Muktamar NU, Ketua KPK Marah

Selasa, 21 Des 2021 - 10:24 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Whatsapp Image 2021 09 27 At 13.18.20 - inilah.com
Ketua KPK Firli Bahuri

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan surat perintah penyelidikan (sprinlidik) palsu yang menyebut tentang dugaan korupsi urunan dana kepada aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) terkait Muktamar Nahdlatul Ulama (NU).

“Saya tidak pernah tanda tangan dokumen tersebut,” kata Ketua KPK Firli Bahuri melalui keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021).

Firli langsung memerintahkan jajarannya untuk melacak pembuat dan penyebar surat tersebut.

“Mas karyoto, tolong dilacak dan ungkap karena itu jelas perbuatan pidana,” tegas Firli.

Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan sejumlah masyarakat sudah melaporkan surat palsu itu ke pihaknya.

“KPK telah memeriksa dan memastikan bahwa surat tersebut palsu. Surat tersebut tidak sesuai dengan tata naskah dinas yang berlaku di KPK,” ujar Ali.

Surat itu juga mencantumkan nomor pengaduan KPK yang palsu. Lembaga Antikorupsi meminta masyarakat berhati-hati. Masyarakat yang menemukan modus penipuan serupa juga diminta melapor.

Baca juga
Polri Koordinasi dengan Jaksa Soal Gelar Perkara Kasus Nurhayati

“KPK tegas meminta kepada oknum tersebut untuk segera menghentikan aksinya. KPK juga mengimbau masyarakat untuk selalu hati-hati dan waspada terhadap berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan KPK,” tutur Ali.

Tinggalkan Komentar