Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Beri Pembekalan Antikorupsi, KPK Ingin Bersahabat dengan Parpol

Selasa, 14 Jun 2022 - 18:15 WIB
KPK Ghufron inilah.com
Wakil Ketua KPK RI Nurul Ghufron (foto Safa-Inilah.com)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ingin menjalin persahabatan dengan partai politik dalam upaya pencegahan dan pemberantasan antikorupsi.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua KPK RI Nurul Ghufron dalam pembekalan antikorupsi bersama pengurus DPP Partai Demokrat di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (14/6/2022).

“KPK ingin bersahabat dengan parpol. Acara ini bagian dari kegiatan dikmas atau partisipasi dan peran serta masyarakat. Harapannya selalu disampaikan oleh kita semua pimpinan KPK,” kata Ghufron.

Dia menambahkan, KPK kini mengusung visi trisula yang mengoptimalkan pencegahan, pendidikan dan penindakan secara komprehensif.

“Strategi trisula KPK tidak kami lakukan secara timpang. Ketiganya kita lakukan, tidak ada salah satu yang tidak dilakukan. Mudah-mudahan tidak pernah ada yang korupsi,” jelasnya.

Baca juga
Tak Sampaikan Hasil Pemeriksaan Ajudan Lili, KPK Dituding Munafik

Pemberantasan korupsi, sambung dia, KPK akan melakukan sejumlah pendekatan dan perbaikan sistem, terutama dalam sektor publik dan swasta.

Sehingga KPK mendorong adanya kepastian dalam pelayanan publik yang akuntabel dan meminimalisir celah adanya korupsi.

“Kami dekati dengan perbaikan sistem tergantung pada masing-masing lembaganya. Kalau sektor publik, layanan publik, cenderung menimbulkan kesempatan korup, adanya ketidakpastian. Syarat dan ketentuannya tidak pasti, waktu dan biayanya tak pasti makanya ada yang suka cari jalur cepat untuk layanannya,” bebernya.

“Sektor swasta, juga bukan cuma butuh kepastian, tapi juga butuh kesederhanaan. Jalur yang panjang akan dihindari agar tidak menemukan kerumitan,” lanjut dia.

Kemudian, KPK berharap melalui pembekalan antikorupsi kepada partai politik dapat menumbuhkan motivasi dan komitmen untuk meningkatkan integritas dalam menjalankan fungsi partai sebagai agen perubahan di berbagai posisi politik.

Baca juga
Tak Dapat Rp100 Juta, Loyalis Moeldoko Kembali ke Kubu AHY

“Hari ini kita berkumpul, bagaimana agar selain berharap tidak korup, motivasinya atau yang disebut peningkatan integritas. Kompetensi dan keterampilan juga memiliki niatan batin, motivasi dan komitmen. Kita saat ini sedang laksanakan bersama kepada segenap parpol. Arti penting parpol sebagai agen perubahan kepemimpinan, regulasi, budgeting, kontrol,” pungkasnya.

Diketahui, acara ini dihadiri oleh Bendahara Umum Partai Demokrat Renville Antonio beserta jajaran pengurus DPP Partai Demokrat di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (14/6/2022). Namun Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono tidak terlihat dalam barisan.

“Rencananya ada 30. Puluhan pengurus yang mewakili pengurus di tingkat pusat dan di tingkat daerah. Di antaranya Wasekjen Renanda Bachtar, Wasekjen Imelda Sari, Wasekjen Jovan Latuconsina, dan Ketua Biro KPK DPP Partai Demokrat, Rahmah Hasjim,” kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra kepada Inilah.com, Selasa (14/6/2022).

Tinggalkan Komentar