Kamis, 02 Februari 2023
11 Rajab 1444

Berikan Edukasi ke Mahasiswa, Bea Cukai Gelar Sosialisasi di 3 Daerah

Jumat, 02 Des 2022 - 19:32 WIB
Penulis : Anton Hartono
bea cukai inilah.com
Bea Cukai sosialisasi kepada para sivitas akademika, yaitu mahasiswa dan dosen (foto Dokumentasi Bea Cukai)

Bea Cukai terus berupaya menjangkau seluruh lapisan masyarakat, salah satunya melalui sosialisasi kepada para sivitas akademika, yaitu mahasiswa dan dosen. Tujuannya, untuk mengenalkan tugas dan fungsi Bea Cukai kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka atau daring melalui aplikasi konferensi video.

Di Semarang, dengan mengusung tema “Ekspor itu Mudah”, Bea Cukai Tanjung Emas berkesempatan menjadi narasumber dalam Program Praktisi Mengajar di Universitas Jenderal Soedirman, pada Kamis (24/11/2022). Program ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting serta diikuti oleh mahasiswa dan akademisi Universitas Jenderal Soedirman.

Medi Sulistyan, Pemeriksa Bea Cukai Pertama Bea Cukai Tanjung Emas selaku narasumber kegiatan, mengatakan bahwa dalam mendukung industri dalam negeri, Bea Cukai senantiasa para pengusaha untuk ekspor melalui beragam program pembinaan.

Baca juga
Bea Cukai Ungkap Peredaran BKC Ilegal Bernilai Miliaran Rupiah di Jatim

“Bea Cukai selalu berusaha mendorong para pengusaha untuk melakukan giat ekspor demi terwujudnya Pemulihan Ekonomi Nasional. Terutama bagi para UMKM yang ingin memasarkan produknya hingga pasar mancanegara,” imbuhnya.

Kemudian, di Asahan, Bea Cukai Teluk Nibung menggelar kegiatan sosialisasi bertajuk ‘Customs goes to Campus‘ dengan pokok materi perkenalan Bea Cukai, serta gratifikasi dan antikorupsi di Universitas Asahan, pada Kamis (24/11/2022). Kegiatan ini diikuti oleh para mahasiswa dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan.

Penyampaian materi antikorupsi merupakan momentum yang tepat untuk perayaan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) yang jatuh pada 9 Desember 2022. Dengan demikian, kegiatan sosialisasi dapat memberikan edukasi pada para mahasiswa untuk sadar pentingnya sikap antikorupsi, serta menunjukkan pada masyarakat bahwa Bea Cukai senantiasa menjaga integritas melalui kampanye antikorupsi.

Baca juga
Dorong Pemulihan Ekonomi, Bea Cukai Bangun Koordinasi dengan Berbagai Instansi

Sementara itu, di Bengkalis, Bea Cukai Bengkalis memberikan sosialisasi kepada mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis dalam kegiatan bertajuk ‘Campus goes to Campus’ yang bertempat di aula Kantor Bea Cukai Bengkalis, pada Rabu (30/11/2022). Materi yang disampaikan pada sosialisasi ini mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai, serta materi tentang barang bawaan penumpang.

“Melalui kegiatan sosialisasi ini, kami berharap para mahasiswa dapat mengerti tugas dan fungsi Bea Cukai, serta dapat menyebarkan informasi kepada masyarakat sekitar,” pungkas Iwan Kurniawan, Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Bengkalis.

Tinggalkan Komentar