Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

Berkah Libur Lebaran, Dalam Sepekan Jumlah Kunjungan Wisata ke Danau Kelimutu Mencapai 14 Ribu Orang

Danau Kelimutu Flores Ende Ntt (Foto Mongabay)- inilah.com
Danau Kelimutu Flores Ende Ntt (Foto Mongabay)

Balai Taman Nasional Kelimutu mencatat sebanyak 14.965 wisatawan berwisata ke Danau Kelimutu atau Danau Tiga warna yang ada di kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

“Jumlah itu tercatat sejak tanggal 30 April hingga 8 Mei 2022,” kata Kepala Balai TN Kelimutu Hendrikus Rani Siga SL mengutip Antara, Senin (09/05/2022).

Ia mengatakan bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke danau tiga warna itu mendominasi dari wisatawan domestik. Sementara wisatawan mancanegara jumlahnya hanya mencapai 53 wisatawan.

Hendrikus juga mengatakan bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan wisata itu pada Idul Fitri 1443 memang sangat membludak dibandingkan dengan Idul Fitri tahun 2021.

Baca juga
Di Balik Cerita Ulu Camii Bursa

“Tahun lalu saat liburan Idul Fitri kami tidak buka kawasan wisata Danau Kelimutu karena terbentur dengan aturan PPKM,” tambah dia.

Lebih lanjut, wisatawan yang datang juga tidak hanya kelompok wisatawan mancanegara dan domestik, tetapi juga wisatawan dari grup pelajar.

Karena banyaknya wisatawan yang berkunjung, ia mengakui cukup kewalahan mengatur kunjungan wisatawan ke kawasan itu.

Saat liburan lebaran ujar dia walaupun sudah melakukan pemesanan secara daring, tetapi wisatawan yang datang lebih banyak langsung memesan tiket di lokasi.

Karena itu, pihaknya menerapkan sistem buka tutup untuk mengurai penumpukan wisatawan di kawasan wisata danau tiga warna itu.

Baca juga
Enam Rekomendasi Acara Dunia untuk Berwisata Sepanjang 2022

Terkait penerapan protokol kesehatan selama liburan Lebaran di kawasan itu, ia mengatakan bahwa selalu mengimbau wisatawan untuk mentaati protokol kesehatan selama berwisata di kawasan itu.

Pesona Danau Kelimutu

Pesona Danau Kelimutu adalah cantiknya 3 warna air danau. Tidak heran kalau wisatawan dari berbagai penjuru nusantara bahkan dari penjuru dunia datang untuk menyaksikan secara langsung keindahan ciptaan tuhan Yang Maha Esa ini.

Lokasi danau Danau Kelimutu ini ada di Kabupaten Ende, Flores Nusa Tenggara Timur. Satu lagi keunikan danau ini yaitu letaknya yang ada ada pada ketinggian. Tidak tanggung-tanggung, danau ini berada di 1.631 dpl (diatas permukaan laut), di puncak Gunung Kelimutu.

Baca juga
5 Tempat Liburan Menarik di Sekitar Labuan Bajo

Nama Kelimutu berasal dari kata keli=mendidih dan mutu=gunung. Dari namanya kita bisa pahami bahwa tempat wisata ini merupakan danau yang terletak di puncak gunung yang mendidih.

Meskipun lokasinya ada di ketinggian, wisatawan yang datang tidak pernah sepi bahkan selalu ramai, terutama mereka yang memproklamirkan diri sebagai pecinta alam. Dan lagi, jangan dulu menyebutkan sebagai pecinta alam kalau belum menyaksikan keindahan danau ini dari dekat.

Tinggalkan Komentar