Berkat Jual Masker Tenun, UMKM Asal Maumere Ini Raih Pendapatan 50 Juta

Berkat Jual Masker Tenun, UMKM Asal Maumere Ini Raih Pendapatan 50 Juta  - inilah.com
Dokumentasi INILAHCOM

Pandemi berdampak pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama unit usaha yang menyasar pada sektor Pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Salah satu yang merasakan sepinya penjualan produk kriya adalah seni kerajinan tangan asal Sikka, Maumere. 

Sherly Irawati sebagai pemilik JB Ethnic, asal Maumere, merasakan bagaimana dampak pandemi menghantam usaha kriya yang menggunakan bahan dasar tenun asal NTT itu. 

“Awal pandemi pendapatan kami nol. Kalau usaha seperti ini kan harus putar otak bagaimana menghasilkan pendapatan,” kata Sherly di Exotic NTT, Flores, Beyond Your Emagination, Gandaria City, Jakarta, Jumat, (15/10/2021). 

Sebelum pandemi, Sherly mengaku menjual kain tenun, tas, sendal, anting, kalung dengan berbahan dasar tenun bisa  mencapai Rp30 juta. Ketika kasus terinfeksi Covid-19 mulai muncul di Indonesia dan sektor pariwisata tidak terbuka, hal itu berdampak pada pendapatan UMKM tersebut. 

Harga yang dibandrol untuk beragam produk aksesoris dimulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 200 ribu. Untuk Dompet, tas kecil, dan topi, berkisar Rp 100 ribu – Rp 300 ribu. 

Baca juga  Erick Thohir: Peran UMKM Sangat Penting dalam Menggerakkan Perekonomian

Masker dibandrol dengan harga eceran Rp 30 ribu – Rp 50 ribu, tentunya dengan menggunakan kain tenun. Kain tenun dibandrol di atas Rp 1 juta.

“Kami akhirnya berpikir untuk membuat masker berbahan kain tenun. Tidak disangka pesanan semakin meningkat karena permintaan masker. Bahkan ada yang pesan dari Amerika,” tambah Sherly.

Meski tidak bisa berjualan secara offline karena destinasi wisata ditutup otomatis wisatawan juga tidak ada, penjualan lewat online menjadi jalan keluar. 

“Mulai stabil penjualan, terutama masker tenun. Kami juga mengirim ke berbagai kota besar seperti Sumatera, Medan, dan Sulawesi. Pendapatan bahkan meningkat dari Rp 30 juta hingga Rp 50 juta,” ujarnya.

Baca juga  5 Tempat Bersejarah Lahirnya Proklamasi

Tinggalkan Komentar