Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Berpikir Sebelum Berani Bersuara di Dunia Digital

Kamis, 30 Jun 2022 - 19:50 WIB
Berani Bersuara
YouTube siberkreasi

Indonesia menjadi negara dengan tingkat kesopanan digital terburuk se-Asia Pasifik di tahun 2020 berdasarkan Indeks Kesopanan Digital (DCI) yang diselenggarakan oleh Microsoft. Dari 32 negara yang disurvei, Indonesia berada di peringkat 29, yang merupakan peringkat terakhir di antara negara Asia Pasifik. Karena hal itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemenkominfo) dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi bersama dengan LALEILMANINO dan JKT48 mengajak masyarakat muda di Indonesia, khususnya Generasi Z (Gen Z), untuk tahu lebih dalam mengetahui bagaimana berhati-hati dalam bersuara di dunia digital. Hal tersebut tertuang dalam lagu “Berani Bersuara <3<3”.

“Tingkat kesopanan digital yang rendah ini menjadi salah satu tantangan bagi perkembangan literasi digital di Indonesia. Maka itu, mari kita lebih berani menyuarakan pendapat dengan lebih bijak tanpa menyakiti perasaan orang lain atau menyebarkan informasi yang salah,” papar Rizki Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kemenkominfo, seperti mengutip siaran pers, Jakarta, Kamis, (30/6/2022).

Sebagai tips tambahan untuk meningkatkan kesopanan di dunia digital, LALEILMANINO mengungkapkan cara paling mudah untuk berkomunikasi digital dengan baik yaitu dengan membayangkan apakah hal yang kalian sampaikan atau lakukan akan menyakiti hati orang lain atau tidak.

Baca juga
Perangi Hoax, Kominfo Gandeng Laleilmanino dan JKT48 Rilis Lagu Berani Bersuara

“Berani Bersuara <3<3” telah sukses diluncurkan dan telah ditonton oleh sekitar 335 ribu orang di Youtube saat ini. Lagu ini diciptakan sebagai bentuk ajakan untuk masyarakat muda Indonesia untuk lebih berekspresi di media sosial, tetapi juga tetap berhati-hati dengan ucapan yang disampaikan.

“Media sosial itu dipantau oleh banyak orang dan apa pun yang kita ketik pastinya tidak hanya akan dilihat oleh satu atau dua orang saja. Jadi sebelum menulis atau berkomentar di platform digital, kita harus memikirkannya terlebih dahulu dan lebih bijak dalam menulis komentar,” ujar idol group JKT48.

Makna di balik lirik lagu “Berani Bersuara <3<3”

Berbeda dari sarana literasi digital lainnya, LALEILMANINO dan JKT48 memilih menggunakan medium lagu untuk menyampaikan pesannya. Hal ini dikarenakan Gen Z merupakan generasi yang sangat up-to-date dengan hal-hal yang berhubungan dengan kesenian seperti musik.

Baca juga
Perangi Hoax, Kominfo Gandeng Laleilmanino dan JKT48 Rilis Lagu Berani Bersuara

Dikemas dengan aransemen musik yang upbeat dan penuh nada-nada riang, dan juga lirik reff yang catchy seperti bertujuan untuk membawa pesan agar bibir dan jari kita digunakan untuk hal-hal positif dan baik.

Kombinasi dance yang bersemangat dan suara yang khas dari JKT48, diharapkan dapat lebih mengena di hati masyarakat muda Indonesia.

“Melalui musik dan dance, kami ingin bisa menyentuh hati masyarakat, khususnya generasi muda Indonesia,” ujar idol group JKT48.

Agar pesannya lebih efektif, dukungan masyarakat muda Indonesia diperlukan untuk menyebarkan pesan dari lagu “Berani Bersuara <3<3”. “Suara kalian berarti sekali, teruskan suara itu dengan hal yang baik. Gunakan kata-kata yang tepat dan jadilah cahaya bagi orang di luar sana,” tambah Nino dari LALEILMANINO.

Tinggalkan Komentar