Rabu, 06 Juli 2022
07 Dzul Hijjah 1443

Bersedekah Mendapat Pahala Kian Berlipat

Sabtu, 21 Agu 2021 - 15:11 WIB
Bersedekah Mendapat Pahala Kian Berlipat - inilah.com

Islam sering menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Pada Ramadhan, anjuran itu lebih diperkuat lagi karena pahala yang dijanjikan akan dilipatgandakan.

“Hai anak Adam, berinfaklah untukku, maka Aku akan berinfak untukmu,” demikian sebuah hadis menjelaskan keutaaman dari sedekah.

Sedekah adalah sumber kekayaan. Allah menjanjikan bahwa sedekah tidak akan membuat miskin, bahkan justru semakin kaya. Karena itu, banyak-banyaklah bersedekah baik di waktu lapang atau pun di waktu sempit.

Islam menganjurkan umatnya untuk menjadi dermawan. Selain itu, kedermawanan juga merupakan sifat Allah SWT. Hal tersebut sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Al Baihaqi.

‏إن الله تعالى جواد يحب الجود ويحب معالي الأخلاق ويكره سفسافها

Baca juga
Bantu Pengais Rezeki Harian Bertahan Hidup

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk,” (HR. Al Baihaqi, disahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

Namun demikian, sedekah yang paling afdal adalah sedekah di bulan Ramadhan. Karena itu, umat Islam dianjurkan berlomba-lomba mengeluarkan zakat dan sedekah di bulan ini. Misalnya, zakat maal dikeluarkan di bulan Ramadhan sangat baik sekali.

Yu sama-samalagi lebih peduli dengan sesama dengan bisa berkontribusi pada laman bersedekah.com

Tinggalkan Komentar