Berseteru Dengan Habib Bahar, Begini Masa Kecil Ryan Jombang

Berseteru Dengan Habib Bahar, Begini Masa Kecil Ryan Jombang - inilah.com

Habib Bahar dan Ryan Jombang sama-sama mendekam di Lapas Gunung Sindur, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Keduanya sedang disorot. Ryan Jombang dipukul Habib Bahar diduga berselisih karena uang. 

Terlepas dari hiruk pikuk perseteruan keduanya. Habib Bahar dan Ryan Jombang memiliki latar belakang yang berbeda.

Habib Bahar 

Habib Bahar lahir di Manado, Sulawesi Utara. Anak pertama dari tujuh bersaudara. Berasal dari keluarga Arab Hadhrami golongan Alawiyyin bermarga Aal bin Sumaith. Ayahnya bernama Sayyid Ali bin Alwi bin Smith sedangkan ibunya bernama Isnawati Ali. 

Habib Bahar merupakan pendiri dan pemimpin Majelis Pembela Rasulullah sejak tahun 2007. Pengikutnya banyak. Mereka kerap melakukan razia. Paling menonjol ketika sekitar 150 orang pada bulan Ramadan tahun 2012 merazia Cafe De Most di Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Kafe tersebut diduga sebagai sarang maksiat. Buntutnya ditutup selama bulan Ramadan. 

Baca juga  Habib Bahar bin Smith Resmi Bebas Murni Hari Ini

Habib Bahar sering berdakwah di berbagai acara peringatan hari besar Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad dan Isra Mikraj.

Tersangkut Kasus Hukum 

Habib Bahar marah besar karena dua remaja bernama Abdul Jabar dan Al Mudzaki alias Zaki berpura-pura dan mengaku sebagai Bahar bin Smith pada sebuah acara di Bali, 29 November 2018. Pada 5 Desember 2018, Habib Bahar dilaporkan ke polisi atas perbuatan penganiayaan terhadap dua remaja tersebut.  

Pada 16 Mei 2020, Bahar dibebaskan lebih awal berkat Program Pembebasan Bersyarat Asimilasi yang diselenggarakan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Tiga hari setelah itu ditangkap kembali karena melanggar Pembatasan sosial berskala besar dengan mengumpulkan massa untuk mengikuti ceramahnya.

Baca juga  Kandungan Paracetamol di Teluk Jakarta, DKI Masih Ditelusuri Sumbernya

Ryan Jombang

Very Idham Henyansyah alias Ryan lahir di Jombang, 1 Februari 1978. Ia adalah bungsu dari dua bersaudara. Sejak kecil Ryan lebih sering berpisah dengan kedua orangtuanya dan tinggal di pesantren. 

Perilaku Ryan banyak berubah ketika ia duduk di bangku SMP. Dia lebih banyak menekuni kegiatan perempuan seperti menari dan berdandan. Di sekolah Ryan dikenal lebih dekat dan lebih banyak berteman dengan perempuan.

Kasus Pembunuhan Berantai

Di Jakarta, ia merasa lebih diterima dan bertemu dengan kalangan homoseksual dari kalangan menengah ke atas. Di ibu kota Ryan kerap berpindah-pindah tempat tinggal.

Baca juga  LADI Ngutang Rp300 Juta ke Lab Qatar, Pihak Menpora Buru-buru Melunasi

Namanya dikenal sebagai Ryan Jombang usai diketahui sebagai pelaku pembunuhan berantai di Jakarta dan Jombang. Berawal dari penemuan mayat termutilasi di Jakarta. Ryan telah melakukan beberapa pembunuhan lainnya dan dia mengubur para korban di halaman belakang rumahnya di Jombang. Atas kejahatannya, ia dijatuhi hukuman mati.

Tinggalkan Komentar