Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

Bersinergi dengan Pemda dan Organisasi Nirlaba, Bea Cukai Galakkan UMKM Bisa Ekspor

Kamis, 24 Nov 2022 - 18:19 WIB
Penulis : Anton Hartono
bea cukai inilah.com
Bea Cukai dorong para pelaku UMKM untuk dapat mengekspor produknya (foto: Dokumentasi Bea Cukai)

Bea Cukai terus berupaya mendorong para pelaku UMKM untuk dapat mengekspor produknya. Hal ini dilakukan demi meningkatkan ekspor nasional dan mendukung pemulihan ekonomi.

Menyukseskan upaya ini, unit-unit vertikal Bea Cukai di berbagai daerah bersinergi dengan pemerintah daerah (pemda) dan organisasi nirlaba dalam menggalakkan semangat ekspor para pelaku UMKM.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan salah satu kantor Bea Cukai yang merangkul pemda dalam mendukung ekspor UMKM adalah Bea Cukai Bekasi. Pada tanggal 21 November 2022 lalu, Bea Cukai Bekasi mengunjungi Kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Bekasi.

“Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak berkoordinasi untuk merumuskan dukungan apa saja yang dibutuhkan UMKM di Kota Bekasi agar dapat memasarkan produknya ke mancanegara. Mengingat saat ini, Bea Cukai Bekasi telah memiliki dua UMKM binaan yang diharapkan dapat melakukan ekspor dan membutuhkan bantuan pemda untuk menjamin keberhasilan upaya tersebut,” ujarnya.

Baca juga
Tingkatkan Pemahaman Pelajar dan Mahasiswa akan Aturan Kepabeanan Lewat Customs Goes to School

Sinergi yang sama juga dijalin Bea Cukai Gresik dengan Pemerintah Kabupaten Gresik. “Seperti Bea Cukai Bekasi, Bea Cukai Gresik juga memiliki UMKM binaan sebagai hasil kerja sama dengan Pemkab Gresik dan instansi terkait lainnya, yang terbentuk melalui program Klinik Ekspor. Diharapkan ke depannya UMKM binaan tersebut dapat terus diasistensi hingga berhasil mewujudkan ekspor mandiri dan dapat menginspirasi para pelaku UMKM lainnya di Gresik,” tambahnya.

Selain dengan pemda, sinergi mendukung UMKM bisa ekspor juga dijalin Bea Cukai dengan organisasi nirlaba. Hal ini tercermin dari kerja sama antara Bea Cukai Semarang dan UMKM Mendunia, sebuah organisasi nirlaba yang memiliki concern terhadap kemajuan UMKM daerah.

Baca juga
Bea Cukai Lakukan Patroli Gabungan untuk Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Kiprah Bea Cukai Semarang dalam mewujudkan cita-cita besar UMKM naik kelas menjadi the real exporter semakin nyata melalui kerja sama yang terjalin dengan Founder UMKM Mendunia, Sukma Handriadianto.

Kedua pihak telah bertemu dan menggelar diskusi secara interaktif hingga berhasil merencanakan kegiatan sosialisasi, edukasi, dan pendampingan kepada pelaku UMKM. Perlu diketahui bahwa UMKM Mendunia ini merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mengedukasi pelaku UMKM agar dapat berkembang hingga melakukan ekspor sendiri.

“Kedua pihak pun sepakat bahwa dalam waktu dekat akan menggelar sosialisasi yang membedah kiat-kiat sukses pelaku UMKM menjadi the real exporter. Selain itu, sosialisasi tersebut juga diisi dengan bahasan cara mudah melakukan ekspor, bagaimana menjadi eksportir, cara mengirim barang, dan strategi pemasaran ekspor. Sebagai informasi awal bagi pelaku UMKM di luar sana yang ingin ikut serta dalam kegiatan tersebut dapat mendaftarkan diri melalui nomor whatsapp 08991072015,” jelas Hatta.

Baca juga
Petani Lapor Bawang Putih Impor Banjir, Jokowi Langsung Telepon Lutfi

Ia pun menegaskan bahwa Bea Cukai, melalui unit-unit vertikalnya di berbagai daerah, akan terus menggelorakan semangat ekspor kepada para pelaku UMKM. “Bea Cukai berupaya mengubah paradigma tentang sulitnya melakukan ekspor. Padahal, ekspor itu tidak harus dalam jumlah besar, melainkan dapat dilakukan dengan jumlah kecil melalui kurir. Kami ingin agar mereka berani mencoba menjual produknya ke luar negeri,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar