Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Bertemu 2 Pemimpin China, Jokowi Perjuangkan Akses Pasar Komoditas Andalan Indonesia

Selasa, 26 Jul 2022 - 22:36 WIB
Beri Ucapan Selamat pada Xi Jinping, Jokowi Harap Kemitraan Indonesia -China Makin Erat
Presiden Jokowi diterima Presiden China, Xi Jinping - Foto: ist

Bertemu PM Republik Rakyat Tiongkok (Premier) Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperjuangkan akses pasar sejumlah komoditas unggulan Indonesia.

Dalam pertemuan dengan kedua pemimpin negeri Tirai bambu dalam kesempatan terpisah di Beijing, China, Selasa (26/7/2022), Presiden Jokowi mendorong semakin terbukanya pasar China untuk minyak sawit mentah dan turunnanya, serta sejumlah produk lainnya.

“Bapak Presiden baru saja menyelesaikan pertemuan dengan Premier Li Keqiang dengan Presiden Xi Jinping (secara terpisah). Bapak Presiden dalam pertemuan memperjuangkan isu akses pasar,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dipantau secara daring dari Jakarta, Selasa malam (26/7/2022).

Baca juga
Tolak Penundaan Pemilu, Massa Mahasiswa Kepung Gedung DPR

Menlu Retno mengatakan, akses pasar yang diperjuangkan Presiden Jokowi terutama untuk produk CPO dan turunannya, buah tropis Indonesia, akses pasar bagi 22 spesies ikan, pembaruan protokol untuk mengakomodasi produk turunan burung walet dan porang, serta meminta dilakukan peninjauan kembali kebijakan antidumping terhadap stainless steel Indonesia.

Dia mengatakan, tren perdagangan Indonesia dengan China, terus meningkat dan sudah mencapai 120 miliar dolar AS. Sementara defisit perdagangan Indonesia menunjukkan penurunan.

Pada 2018, Indonesia mengalami defisit sebesar minus 18,4 miliar dolar AS, sementara di 2021, defisit tersisa minus 2,44 miliar dolar AS.

Saat bertemu Xi Jinping, Jokowi menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat kepada dirinya, serta delegasi Indonesia. Kedua pemimpin menyampaikan komitmennya untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara sekaligus kawasan dan dunia.

Baca juga
Presiden Jokowi Lepas Parade Pebalap MotoGP

“RRT adalah mitra strategis komprehensif Indonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita, sekaligus untuk kawasan dan dunia,” ucap Jokowi.

Tinggalkan Komentar