Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Besok Demo Kemenkes, Buruh Desak Menteri Budi dan Kepala BPOM Mundur

Kamis, 27 Okt 2022 - 21:18 WIB
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal (Foto:Disway).

Ratusan buruh bakal menggeruduk Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (29/10/2022). Mereka mendesak menteri kesehatan dan Kepala BPOM mundur terkait kasus gagal ginjal akut.

Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal menyampaikan, sebanyak 300 orang buruh akan melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Kementerian Kesehatan pada Jumat, 28 Oktober 2022. “Adapun massa aksi yang besok akan melakukan unjuk rasa berasal dari Jabodetabek,” ujar Said kepada Inilah.com, Jakarta, Kamis (28/10/2022).

Dalam aksi tersebut, kata Said, ada lima isu yang bakal diperjuangkan. Pertama, usut tuntas kasus meninggalnya 147 anak akibat gagal ginjal akut. “Kami juga mendesak Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Kepala BPOM Penny K Lukito mundur. Keduanya telah gagal,” tandasnya.

Baca juga
MK Tolak Gugatan UU Pemilu yang Diajukan PKS dan Partai Buruh

Sedangkan tuntutan ketiga, kata dia, mendesak dilakukan investigasi terpadu terhadap industri obat-obatan yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut. Keempat, bentuk tim pencari fakta nasional.

Tuntutan terakhir, kata dia, mendesak pemerintah menetapkan KLB gagal ginjal akut. “Bilamana tuntutan buruh tidak dikabulkan, kami akan melakukan aksi yang lebih besar serentak di 34 provinsi,” tegas Said.

Menurunya, patut diduga industri farmasi bermain dalam kasus gagal ginjal akut ini. Oleh karena itu, harus dibentuk tim pencari fakta nasional untuk melakukan investigasi terhadap industri farmasi yang mengeluarkan obat-obatan yang diduga menjadi penyebab kematian anak-anak akibat gagal ginjal,” pungkas Said.

Tinggalkan Komentar