Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Besok, Mendag Zulhas Luncurkan Migor Curah Kemasan Sederhana Rp14 Ribu

Selasa, 05 Jul 2022 - 14:15 WIB
Mendag Zulhas Migor
Mendag Zulhas saat sidak ke Pasar Ciracas, Jakarta Timur, Selasa, (5/7/2022). Dokumentasi Inilah.com/ Mia Umi Kartikawati

Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengumumkan rencana peluncuran minyak goreng (migor) curah kemasan sederhana pada Rabu (6/7/2022).

“Nanti, besok teman-teman, kita akan launching minyak kemasan ya,” kata Zulhas saat blusukan di Pasar Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (5/7/2022).

Zulhas menjelaskan, migor curah hingga saat ini harganya sudah mencapai Rp14 ribu. Hal tersebut sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) migor curah yang sudah ditetapkan.

“Jadi HET (Harga Eceran Tertinggi) minyak curah Rp14 ribu paling mahal. Nah, Jawa, Bali hari ini tanggal 5 Juli 2022 paling tinggi Rp14 ribu. Bahkan ada yang berani pakai kemasan, jualnya Rp14 ribu. Artinya, Jawa-Bali, harga, stok, persediaan, aman, terjangkau, orang tidak berebut sudah rata-rata Rp14 ribu. Baik yang curah pakai plastik maupun yang dikemas,” papar Zulhas.

Baca juga
Kejagung Tetapkan Dirjen Kemendag Tersangka Kasus Kelangkaan Minyak Goreng

Meski begitu, Mendag Zulhas masih terganjal masalah yang harus dia selesaikan terkait ekspor CPO.

“Problem yang kedua yang harus saya selesaikan adalah agar nanti ekspornya lancar,” tambahnya.

Terkait diluncurkannya migor curah kemasan itu, Direktur Bahan Pokok dan Penting Kemendag Isy Karim menjelaskan, peluncuran migor curah yang diberi nama Minyak Kita tersebut akan dilaksanakan di Kementerian perdagangan.

“Besok kita akan undang di Kemendag,” ujar Isy.

Setidaknya, menurut dia, ada sekitar 28 produsen yang akan mendukung Minyak Goreng Kita.

Stok migor curah di Jawa, Bali, dan Sumatera aman

Mendag memastikan aman untuk persediaan minyak goreng (migor) curah Rp14 ribu per liter di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera. Pria yang akrab disapa Zulhas ini juga memastikan harga jualnya tetap di angka Rp14 ribu.

Baca juga
Mendag Siapkan Aturan Baru untuk Pantau Ekspor Minyak Goreng

“Jawa, Bali, Sumatera, sudah Rp14 ribu, everywere di mana-mana. Artinya Jawa, Bali, harga, stock, persediaan, aman, terjangkau. Orang tidak berebut sudah rata-rata Rp14 ribu baik yang curah pakai plastik maupun yang dikemas,” papar Zulhas.

Zulhas terus memantau perkembangan harga minyak, telor, daging, ayam, di pasar-pasar tradisional. Dia mengaku, sesuai janjinya sejak awal menjabat sebagai Mendag, akan membereskan persoalan minyak goreng yang meresahkan masyarakat.

“Sesuai dengan janji saya, waktu teman-teman tanya, berapa lama minyak goreng curah bisa harga Rp14 ribu, alhamdulillah ini sudah masuk minggu ketiga, tetapi sebetulnya minggu kedua (menjabat) sudah Rp14 ribu,” tambahnya.

Baca juga
PAN Beri Sinyal Dukungan Kepada Ridwan Kamil?

 

Tinggalkan Komentar