Minggu, 02 Oktober 2022
06 Rabi'ul Awwal 1444

Besok Timsus Polri Umumkan Pemeriksaan Istri Ferdy Sambo

Kamis, 18 Agu 2022 - 11:47 WIB
Putri Candrawathi - inilah.com
Putri Candrawathi

Timsus Polri bakal mengumumkan agenda pemeriksaan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (PC) sebagai saksi perkara pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarar (Brigadir J), Jumat (19/8/2022). Kendati demikian, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo, tidak bisa memastikan apakah penyidik sudah menerima konfirmasi PC bakal memenuhi pemeriksaan nantinya.

Dedi menegaskan, Timsus Polri dijadwalkan pula bakal memberi perkembangan (up date) perkara Brigadir J. “Besok akan disampaikan oleh Timsus setelah Salat Jumat, update-nya,” kata Dedi, di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

PC merupakan saksi kunci perkara pembunuhan Brigadir J. Termasuk untuk menjelaskan duduk perkara hingga suami dan anak buah membunuh ajudan dengan cara eksekusi. Dalam perkara ini, selain Bharada Richard Eliezer (Bharada E), Timsus Polri telah menersangkakan Ferdy Sambo, Bripka Ricky Rizal dan ART, Kuat Maruf.

Selain perkara pidana, Timsus Polri juga melakukan penelusuran secara etik dengan memeriksa sekitar 60 anggota Polri yang 35 diantaranya termasuk Ferdy Sambo sedang ditindak. Seluruhnya terindikasi merintangi penyidikan dengan merusak alat bukti di TKP rumah dinas Kadiv Propam Polri, Duren Tiga.

Ferdy Sambo diketahui sudah membuat pengakuan merencanakan pembunuhan Brigadir J. Namun dia belum mengakui turut melakukan penembakan. Sumber Inilah.com di lingkungan Trunojoyo menyebutkan Bharada E telah membuat pengakuan bahwa Jenderal Sambo penembak pertama Brigadir J.

Tersangka Bripka Ricky Rizal disebut melihat Ferdy Sambo keluar kamar di rumah dinas mengenakan sarung tangan hitam dan menenteng senjata api. Selain peluru muntahan Glock 17, diduga ada peluru lain dari senjata HS 45 mm yang menembus kepala bagian belakang Brigadir J dari jarak dekat.

Sejauh ini PC belum membeberkan peristiwa sesungguhnya. Ketika muncul kali pertama di Mako Brimob, bersama seorang anak dan pengacaranya, PC hanya memberi keterangan singkat yakni mencintai suami dan telah memaafkan peristiwa yang dialaminya serta keluarga.

Selain melakukan penggeledahan tiga rumah di Jakarta, Timsus Polri juga menggeledah rumah Ferdy Sambo di Magelang belum lama ini. Namun Polri belum membeberkan apa saja yang disita dari penggeledahan itu.

Tinggalkan Komentar