Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Besok, Video CCTV Brigadir J Masih Hidup Bakal Diputar dalam Sidang Ferdy Sambo

Senin, 28 Nov 2022 - 22:30 WIB
42c8e737 56e4 40cb B640 95bcb9baf9d0(1) - inilah.com
Momen Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J, pakaian putih) tiba di rumah dinas Ferdy Sambo Komplek Polri Duren Tiga, ditayangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (28/11/2022). (Foto: Antara)

Rekaman kamera CCTV yang menunjukkan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) ketika Ferdy Sambo tiba di TKP rumah dinas Kadiv Propam Polri pada 8 Juli 2022 bakal diputar dalam persidangan dengan terdakwa eks Kadiv Propam Polri itu pada Selasa (29/11/2022), besok. Majelis hakim pada Pengadilan Negeri (PN) Jaksel, telah memutar bukti telak yang menunjukkan Ferdy Sambo ada di TKP dalam persidangan dengan terdakwa Richard Eliezer (Bharada E), Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf pada Senin (28/11/2022).

Saksi Chuck Putranto yang dihadirkan dalam persidangan mengonfirmasi rekaman CCTV yang menunjukkan detik-detik Ferdy Sambo dan istri, Putri Candrawathi tiba di rumah dinas Kadiv Propam Polri, sekaligus menunjukkan Brigadir J, mengenakan pakaian warna putih masih hidup sekitar pukul 17.12 WIB sebelum tewas dibedil. Chuck merupakan terdakwa perkara merintangi penyidikan pembunuhan Brigadir J.

Baca juga
Hampir Sebulan, Pemeriksaan LPSK Terhadap Istri Ferdy Sambo Terganjal Psikologis

“Betul (itu Brigadir J),” kata Chuck, mengonfirmasi majelis yang diketuai Wahyu Iman Santosa.

Dalam persidangan, jaksa juga menghadirkan ahli IT dari Polri, Heri Priyanto. Adapun rekaman bukti penting tersebut didapat dari terdakwa merintangi penyidikan lainnya yakni, Baiquni Wibowo yang menduplikat DVR CCTV, Kompleks Polri, Duren Tiga, Jaksel. Heri Priyanto atas perintah dari hakim ketua Wahyu, yang memutar rekaman tersebut dalam layar monitor ruang sidang utama, Oemar Seno Adji, PN Jaksel.

Selain merekam Brigadir J masih hidup ketika Ferdy Sambo tiba di TKP, CCTV juga merekam asisten rumah tangga (ART) Diryanto alias Kodir yang mondar-mandir mengenakan pakaian berwarna biru ketika Candrawathi meninggalkan rumah dinas menuju rumah pribadi di Saguling III. CCTV juga merekam momen ketika ajudan Ferdy Sambo lainnya, Adzan Romer menghampiri Sambo ketika turun dari mobil dan menjatuhkan senjata, kemudian dilanjutkan dengan Sambo yang terlihat berjalan menuju kediamannya.

Baca juga
Surat Dakwaan Dibacakan, Sidang Ferdy Sambo Sempat Ricuh

Majelis lantas meminta ahli Heri untuk kembali dihadirkan pada sidang dengan terdakwa Ferdy Sambo dan istri, dan meminta rekaman CCTV yang diputar untuk disetop. Dalam persidangan, saksi Arif Rachman juga dikonfirmasi hakim soal rekaman CCTV tersebut. Serupa dengan Chuck, Arif juga dijerat perkara merintangi penyidikan dan kini statusnya telah menjadi terdakwa.

Dalam kesaksiannya, Arif mengaku dihubungi Chuck untuk mengikuti instruksi Ferdy Sambo yakni, menonton CCTV dari Kompleks Polri, Duren Tiga, Jaksel itu. Momen tersebut terjadi pada 13 Juli 2022 dini hari, tepatnya sebelum olah TKP oleh Timsus Polri dilakukan. Tayangan CCTV disaksikan melalui laptop saksi Baiquni Wibowo. 

“Lalu tiba tiba saudara Chuck menyampaikan, ‘lho bang kok ini Yosua masih hidup?'” tutur Arif membeberkan kesaksiannya. “Yang mana Yosua? ‘Itu yang kaos putih'” lanjut Arif mengulangi percakapannya dengan Chuck.

 

Baca juga
Foto: RDP Kapolri dengan Komisi III DPR bahas Kasus Pembunuhan Brigadir J

 

Tinggalkan Komentar