Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

Bikin Bangga, PINTU Incubator Memasuki Tahapan Kerjasama Internasional  

Sabtu, 01 Okt 2022 - 16:17 WIB
PINTU Incubator
Dokumentasi JF3

PINTU Incubator sebuah program inkubasi Indonesia dan Perancis, hasil kolaborasi antara JF3, LAKON Indonesia dan Kedutaan Besar Perancis melalui  Institut Francais d’Indonesie ( IFI ), akan segera mewujudkan kerjasama Internasional, dengan mulai membuka kesempatan bagi para kreatif muda Perancis untuk ikut serta dalam program PINTU incubator di Jakarta, Indonesia.

Diharapkan kegiatan ini akan menjadi sarana dalam menyatukan para kreatif muda dari dua negara untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan khususnya dalam industri mode.

Program inkubasi dua negara ini akan berjalan selama 5 minggu, dan berlangsung pada bulan Oktober – Desember 2022, melalui berbagai program mentoring dan masterclass intensif yang diberikan oleh brand fashion dari Prancis dan para pakar dari Indonesia. Melalui program ini, para kreatif muda Perancis juga akan mendapatkan wawasan mengenai budaya, mengenal lebih dalam pengrajin, master seni dan produk-produk kerajinan terbaik dari UMKM Indonesia.

Dukungan dan pengakuan terhadap program PINTU Incubator ini telah diberikan BDMMA PARIS, yaitu sebuah Lembaga Terkemuka Profesi Desain, Mode, dan Seni di Paris yang membantu para brand dan kreatif muda untuk tumbuh dan mengembangkan aktivitas bisnisnya. Setiap tahun, BDMMA telah memberikan bimbingan profesional kepada lebih dari 500 kreator, juga inkubator bagi 30 perusahaan di sektor desain, mode, dan kerajinan Perancis, Paris. PINTU incubator kini telah tercantum dalam website resmi BDMMA .

Terwujudnya kolaborasi dua negara ini merupakan sebuah kehormatan sekaligus peluang yang sangat berharga. Dimana para kreatif muda Indonesia dapat belajar, menggali wawasan dan keterampilan dari para pakar terpilih dari Perancis. sejalan dengan tujuan kami di PINTU Incubator, yaitu, membawa brand-brand lokal Indonesia ke pasar internasional,” kata Thresia Mareta, inisiator PINTU Incubator sekaligus founder dari LAKON Indonesia, ditulis di Jakarta, Sabtu, (01/10/2022).

Sementara para kreatif muda dari Perancis akan mendapatkan pengetahuan mengenai ragam budaya tanah air. Hal ini sesuai juga dengan misi kami di LAKON Indonesia dan JF3, untuk melestarikan budaya serta mengangkat citra, harkat dan martabat bangsa Indonesia dengan membawa industri mode berbasis budaya ke dunia internasional.

“Berbagai dukungan atas berjalannya program ini akan semakin memperkuat dan memberikan semangat kepada kami dan pihak-pihak yang terlibat dalam mencapai misi dan tujuan tersebut” tambahnya.

PINTU Incubator telah melangsungkan program inkubasi tahap pertama sejak bulan April hingga Agustus 2022, dengan kurasi tahap akhir dilakukan di runway JF3 fashion show pada 3 September 2022 yang lalu.

Setelah melalui 24 kelas bimbingan, oleh 26 pengajar atau mentor yang terdiri dari pakar, dan praktisi yang sangat berkompeten, akhirnya terpilih tiga brand yang berhasil lolos dan memasuki tahap berikutnya, yaitu Oemah Etnik, WGB, dan Tailor Moon. Kini, PINTU Incubator kembali menginkubasi brand-brand tersebut agar semakin matang dan siap untuk terjun ke pasar Internasional khususnya Prancis pada bulan Maret 2023 mendatang.

PINTU Incubator saat ini akan segera memasuki penyelenggaraan yang kedua, atau PINTU Incubator 2.0. Berbagai dukungan, kesempatan, dan benefit akan diberikan bagi para partisipan yang terpilih, diantaranya modal bisnis, selling space, hingga akses ke pasar Internasional.

PINTU Incubator merupakan kegiatan non profit, dimana seluruh peserta tidak akan dikenakan biaya. Informasi lengkap bisa didapatkan dengan mengakses akun media sosial, instagram PINTU Incubator, website JF3 dan juga LAKON Indonesia.

Tinggalkan Komentar