Jumat, 19 Agustus 2022
21 Muharram 1444

Bikin Bocah Ponorogo Terbakar, Seberapa Bahaya Jajanan Es Ciki Kebul?

Kamis, 14 Jul 2022 - 16:01 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Es Ciki Kebul
Es Ciki Kebul (Foto Nahmj)

Seorang bocah berusia 5 tahun di Desa Bajang, Kecamatan Bungkal, Ponorogo mengalami luka bakar yang cukup serius. Luka ini dia dapat setelah jajan ice smoke atau es ciki kebul yang malah mengeluarkan api alih-alih es krim.

Peristiwa ini viral bersumber salah satu akun Instagram @andreli_48, pada Rabu (13/7/2022). Semua berawal ketika korban dan ayahnya, ST (46), melihat pertunjukan Reog Ponorogo di Desa Ngasinan, Kecamatan Jetis, Selasa (12/7/2022).

Lalu seberapa bahaya ice smoke (es ciki kebul) ini?

Badan pengawasan obat dan makanan (FDA) AS memperingatkan orang untuk tidak makan es krim nitrogen cair. FDA mengatakan nitrogen cair sangat dingin sehingga bisa berbahaya bagi kesehatan seseorang. Para pejabat mengatakan makan nitrogen cair bisa membakar tenggorokan seseorang karena sangat dingin.

Dalam beberapa kasus ekstrim, dapat menyebabkan kerusakan internal pada organ. Dokter mengatakan orang harus berhati-hati saat makan makanan manis.

Baca juga
Misi Terakhir Messi dan Ronaldo di Piala Dunia

“Menelan sesuatu yang dingin dapat menyebabkan spasme bronkus, iritasi, iritasi pada lapisan,” kata Sujatha Ramamurthy dari DOCTORS2YOU mengutip NBC, Kamis (14/07/2022).

Ramamurthy mengatakan bahaya menelan nitrogen cair bisa menjadi ekstrem dengan es krim menjadi negatif 320 derajat.

Luka bakar

Sementara menurut situs pureairemonitoring, Jika secara tidak sengaja tertumpah nitrogen cair pada kulit saat penjual membuat es krim, itu akan berdampak seperti menderita luka bakar yang parah.

Jika sejumlah nitrogen tetap berada dalam produk jadi, dan pelanggan benar-benar memakan es krim, itu dapat menyebabkan jaringan kerongkongan dan perut membeku.

“Ini sangat menyakitkan dan sangat berbahaya,” tulisnya.

Baca juga
Pasar Saham Cemaskan Suku Bunga The Fed dan Perang Rusia-Ukraina

Di Indonesia, penamaan makanan yang bercampur nitrogen cair itu cukup beragam tergantung bahan makanannya. Dari makanan ringan seperti Chiki, permen, atau es krim.

Penggunaan nitrogen cair pada makanan sebenarnya sudah sejak 1890-an. Kebanyakan pelaku usaha mengandalkan nitrogen ini sebagai bahan yang membuat makanan cepat beku hanya dalam hitungan menit.

Nitrogen cair memiliki suhu sangat rendah yakni mendidih pada suhu -196 derajat celsius. Meski berbahaya selama digunakan dalam porsi yang tepat, nitrogen cair aman dijadikan bahan untuk mengolah makanan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Andre Li (@andreli_48)

Tinggalkan Komentar